Ziyana Mumtazah, Anak Petani Jadi Duta Pemuda Sosial Jombang - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
sosok Ziyana Mumtazah, pemenang Duta Pemuda Sosial Kabupaten Jombang 2021 (Foto: Anggit Puji/satukanal.com)
BERITA Kanal Figur

Ziyana Mumtazah, Anak Petani Jadi Duta Pemuda Sosial Jombang

Satukanal.com, Jombang – Mengenal sosok Ziyana Mumtazah, pemenang Duta Pemuda Sosial Kabupaten Jombang 2021, anak petani yang mandiri dan banjir prestasi.

Ziyana Mumtazah merupakan pemenang Duta Pemuda Sosial Kabupaten Jombang 2021, yang diselenggarakan oleh Dewan Pimpinan Cabang Purna Prakarya Muda Indonesia (DPC PPMI) Kabupaten Jombang.

Keterbatasan ekonomi, membuatnya sedikit minder dengan teman-teman seperjuangan dalam kontes Duta Pemuda Jombang. Namun, ada sosok orang tua yang selalu menjadi penyemangat untuk dirinya bangkit dengan segala keterpurukan.

“Sempat minder dan tidak menyangka bisa menang. Soalnya ajang ini memang membutuhkan persiapan yang panjang dan matang. Sedangkan saya harus banyak keterbatasan dan kekurangan salah satunya dibidang ekonomi keluarga,” ucapnya saat dikonfimasi pada Sabtu (4/9/2021).

Perempuan yang akrab disapa Ziyana ini mengaku, motivasi terbesar dalam kesuksesannya selama mengikuti event atau perlombaan adalah orang tua dan keluarga.

Baca Juga :  Lima Kursi Kadin Kosong, Link Jombang Khawatir Komersialisasi Jabatan

“Sempet curhat kepada ibu ingin keluar dan menyerah. Namun, beliau selalu menguatkan dan memberikan saran terbaik. Ibu memang merupakan sosok pahlawan bagiku,” ungkap perempuan yang aktif menjadi aktifis IPPNU ini.

Perempuan Mandiri

Perempuan kelahiran Jombang, 21 Juli 2001 ini tergolong sebagai seorang yang mandiri. Pasalnya, semenjak bapaknya menderita penyakit stroke 3 tahun yang lalu. Ia harus membantu ibunya dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari sebagai tulang punggung keluarga.

“Karena kuliah masih daring, ya bantu-bantu ibu dirumah dan di sawah. Untuk kebutuhan pribadi saya jualan hijab dan lain-lain secara online, kalau sore ngajar ngelesi anak-anak,” ujar perempuan yang tinggal di Desa Pagerwojo, Kecamatan Perak, Kabupaten Jombang ini.

Buah hati dari pasangan Mamik Slamet dan Anik Badiah ini mengaku bangga dan tidak ada rasa malu untuk membantu orang tuanya ke sawah atau jualan. Menurutnya, sudah menjadi kewajiban seorang anak untuk berbakti dan membahagiakan kedua orang tuanya.

Baca Juga :  Anak Yatim Korban Covid-19 Diberikan Beasiswa, Bupati Jombang : Saya Siap Menampung

“Kenapa harus malu? Semua ini sudah menjadi kewajiban kita sebagai seorang anak. Apalagi kondisi seperti saya ini,” tegas perempuan anak ke 4 dari 6 bersaudara ini.

Selain mempunyai jiwa kemandirian yang tinggi, Ziyana juga tergolong sebagai perempuan yang berprestasi. Sudah banyak event atau perlombaan yang ia raih sejak masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) hingga kini mendapatkan beasiswa bidikmisi kuliah di UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung.

Acara puncak penganugerahan Duta Pemuda dilaksanakan di Gedung Bung Tomo Kabupaten Jombang pada Minggu (29/08/2021) lalu.

 

Pewarta: Anggit Puji
Editor: Ubaidhillah 

Kanal Terkait