Youtube Bakal Sembunyikan Jumlah Dislike di Video - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Youtube Bakal Sembunyikan Jumlah Dislike di Video
Ilustrasi tampilan Youtube (Foto: Piqsels)
BERITA Kanal Artikel

Youtube Bakal Sembunyikan Jumlah Dislike di Video

Satukanal.com, Nasional– Youtube akhirnya resmi bakal menerapkan kebijakan baru di platformnya yakni menyembunyikan jumlah dislike (tidak suka/jempol ke bawah) dalam sebuah video usai diujicoba selama beberapa bulan terakhir.

Hal tersebut disampaikan Youtube dalam blog resminya. Kebijakan ini pun membuat para penonton Youtube tak bisa lagi melihat angka jumlah dislike di sebuah video.Namun, tombol dislike tak hilang sepenuhnya.

Meski jumlah dislike tidak akan bisa dilihat secara publik, bukan berarti tombol dislike akan dihilangkan. Pengguna masih bisa mengklik tombol thumbs down untuk menunjukkan rasa tidak sukanya terhadap sebuah video atau mengatur algoritma video rekomendasi, seperti dikutip dari TechCrunch, Kamis (11/11/2021).

Selain itu, kreator konten juga bisa melihat jumlah dislike yang mereka terima di YouTube Studio bersama data analitik terkait performa video mereka.

Baca Juga :  10 Rumus Excel yang Wajib Dikuasai Para Fresh Graduate, Simak!

Menurut YouTube, kebijakan ini diterapkan untuk membuat kebiasaan menonton di platform tersebut berubah, sekaligus menciptakan ruang positif untuk kreator konten berekspresi dan berkreasi.

“Dalam masa uji coba, kami mendengar bahwa beberapa pengguna melihat jumlah dislike sebagai pertimbangan untuk menonton sebuah video. Kami tahu beberapa pengguna mungkin tidak akan setuju dengan kebijakan ini, namun, kami percaya ini langkah yang tepat untuk platform YouTube” jelas YouTube dalam sebuah pernyataan, dikutip kompas.com, Kamis (11/11/2021). “,” imbuh YouTube.

Lebih lanjut, YouTube mengatakan saat menguji coba menyembunyikan jumlah dislike, orang-orang cenderung tidak menggunakan tombol dislike untuk menyerang kreatornya. Tapi perilaku seperti itu kemungkinan masih akan berlanjut karena kreator tetap bisa melihat jumlah dislike di video mereka lewat YouTube Studio.

Baca Juga :  Temuan Kecurangan CPNS di Kemenkumham, Hasil SKD Diundur

Perlu diketahui bahwa jumlah dislike di video akan mulai dihilangkan secara bertahap di semua platform YouTube, termasuk semua perangkat dan web, seperti di beberapa pengguna di beberapa negara. Meski begitu, Youtube tak menyebutkan kapan penggunanya di Indonesia akan kebagian kebijakan ini.

Sebagai informasi, YouTube bukan satu-satunya platform media sosial yang menyembunyikan metrik seperti jumlah like dan dislike. Instagram belum lama ini meluncurkan fitur di mana pengguna bisa menyembunyikan jumlah like yang ada di postingannya.

Akan tetapi, Instagram masih memberikan pilihan bagi penggunanya untuk menampilkan atau menyembunyikan jumlah like di postingan. Beda dengan YouTube yang menyembunyikan jumlah dislike secara default.

 

 

Pewarta : Adinda

Kanal Terkait