Yasonna Tekankan Pelayanan Kreatif Pada Kementriannya - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
BERITA

Yasonna Tekankan Pelayanan Kreatif Pada Kementriannya

Satuchannel.com, Kota Malang – Menteri Hukum dan Hak Asasi (Menkumham), Yasonna Laoly menekankan kepada para pengurus Kemenkumham agar lebih kreatif dalam melayani publik. Hal ini disampaikan Yasonna pada peresmian Pondok Pesantren Lembaga Pemasyarakatan (LP) Lowokwaru kelas 1 A, Kota Malang, Senin (5/6).

Dijelaskan Yasonna, masalah keterbatasan sumber daya stakeholder dan fasilitas adalah persoalan klasik. Menurutnya, semua hal tersebut bisa diatasi jika berpikir secara kreatif.

“Dengan pelayanan yang kreatif, semua keterbatasan bisa ditangani. Untuk itu, para stakeholder Kemenkumham agar lebih kreatif layanannya, termasuk pengurus LP juga,” pesannya ke hadapan pengurus LP Lowokwaru dan Perwakilan Kanwil Jatim Kemenkumham.

Khusus untuk pelayanan LP, Ia berpesan juga agar minat bakat yang dimiliki para tahanan bisa dikembangkan di LP. Misalnya, minat kerajinan tangan, musik, dan fotografi harus bisa diwadahi oleh pihak pengurus LP.

Menkumham saat di LP Lowokwaru (GUM)

“Walaupun mereka terbatas oleh jeruji penjara, tapi kreativitas mereka tidak boleh dibatasi juga,” ungkapnya.

Tak hanya itu, ia juga menjelaskan sistem ‘paperless’ yang harus diterapkan pada kementriannya. Baginya, pelayanan ‘paperless’ bararti tidak lagi memakai cara konvensional dengan tumpukan-tumpukan dokumen. Hal ini dinilai Yasonna kuno bahkan udik (red : kampungan).

“Cara seperti itu sudah ketinggalan zaman. Sekarang semua hal harus terdigitalisasi, karena lewat sistem elektronik masalah bisa ditangani secara cepat,” kata mantan anggota DPR RI Komisi II itu. (GUM)

Kanal Terkait