Wujudkan Generasi Emas Sejak Dini, Dispendik Kabupaten Malang Sosialisasikan Lingkungan Belajar Berkualitas - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Wujudkan Generasi Emas Sejak Dini, Dispendik Kabupaten Malang Sosialisasikan Lingkungan Belajar Berkualitas
(Foto: Humas Disdik Kabupaten Malang)
BERITA Kanal Straight

Wujudkan Generasi Emas Sejak Dini, Dispendik Kabupaten Malang Sosialisasikan Lingkungan Belajar Berkualitas

Satukanal.com, Malang – Pandemi tidak jadi halangan bagi civitas pendidikan untuk tetap bekerja maksimal. Membentuk karakter peserta didik berkualitas sudah menjadi komitmen bagi tenaga pendidik. Apalagi Indonesia diperkirakan mencapai masa keemasan pada tahun 2045 mendatang.

Tentunya generasi emas ini harus dipersiapkan sejak dini melalui pendidikan anak usia dini (PAUD). Melalui Kegiatan Lingkungan Belajar Berkualitas untuk jenjang PAUD, Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Malang memberikan sosialisasi pada guru PAUD dalam membentuk generasi emas bangsa, Jumat (10/9/2021).

Baca Juga :  PTM 13 September 2021, Madrasah di Jombang Terapkan Kurikulum Darurat

“Kegiatan ini sebagai upaya pemerintah mempersiapkan generasi emas pada tahun 2045 sejak dini dengan cara menciptakan Lingkungan Belajar PAUD yang berkualitas. Jadi, diharapkan nantinya generasi emas ini memiliki SDM yang unggul dan sehat,”ujar Kabid PAUD dan Dikmas , Cecep Lili

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Malang Suwandi menambahkan beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menuju lingkungan belajar PAUD yang berkualitas, harus diawali dengan lingkungan belajar yang benar-benar diciptakan.

“Kondisi tempat belajar harus aman dan nyaman, alat peraga harus sesuai tema, pembelajaran berpusat pada siswa serta adanya keterlibatan orang tua dan masyarakat,” terangnya

Baca Juga :  Kabupaten Mojokerto Turun Level 3, Pasien di Lokasi Isoter Tersisa 7 Orang

Hal lain yang tak kala penting yakni pengelola pembelajaran harus berkualitas. Artinya, guru harus bisa menetapkan target pembelajaran sesuai tema yang diajarkan.

“Misalnya, guru TK harus bisa mendesain kelas agar pembelajaran menyenangkan. Pembelajaran yang menyenangkan ini sangat  cocok sekali dengan psikologis murid PAUD,” pungkas Suwandi.

Pewarta : Chosa Setya
Editor : Adinda

    Kanal Terkait