World Diabetes Day 2020, Kalbe Memberikan Edukasi Via Daring | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
World Diabetes Day 2020, Kalbe Memberi Edukasi Via Daring
World Diabetes Day 2020
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

World Diabetes Day 2020, Kalbe Memberikan Edukasi Via Daring

SATUKANAL.com, NASIONAL – Jelang World Diabetes Day atau Hari Diabetes Sedunia 2020, Diabetasol merupakan salah satu produk dari Kalbe Nutritionals, yang terus memberikan edukasi kepada masyarakat akan bahaya penyakit diabetes.

Dalam rangka Hari diabetes sedunia, Diabetasol mengangka tema “Bersama Diabetasol Sayangi Dia”, pada Selasa (03/11/2020) Diabetasol menggelar acara Briefing Virtual, Acara tersebut dilakukan secara daring melalui aplikasi Zoom, pihak Diabetasol mengundang para narasumber, yang pertama yakni Prof. Dr. dr. Ketut Suastika Sp.PD-KEMD selaku Ketua Umum Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (Perkeni), kedua Prof.Dr. dr. Sidartawan Soegondo, Sp.PD-KEMD, FINA, FACE, selaku Executive Board Member, IDF Western Pasific Region (2009-2011 & 2012-2015), Ketiga Dr. dr. Sony Wibisono, SpPD. KEMD. FINASIM selaku Presiden PB Persadia Periode 2020-2023, dan yang terakhir Tunghadi Indra selaku Director of Special Needs and Healthy Lifestyle Nutrition.

Briefing Virtual yang berlangsung pada pukul 10.00-12.00 WIB lalu, memberikan pengertian akan pentingnya dukungan para Caregiver atau keluarga. Indonesia masuk dalam 10 besar negara di dunia dengan kasus diabetes, tepatnya di peringkat ke-7 di tahun 2019.

Acara ini digelar untuk memberikan edukasi kepada masyarakat awam untuk selalu menjalankan fase pre diabetes dengan melakukan pemeriksaan sejak dini, mengatur pola makan dengan menentukan jumlah atau porsi makanan, jenis kadungan dari makanan dan jadwal ketika akan mengkonsumsi makanan.

Edukasi juga diberikan kepada masyarakat yang sudah menderita diabetes, dengan melakukan prinsip khusus diabetes yakni rutin melakukan pengecekan kadar gula darah, minum obat-obatan yang disarankan oleh dokter secara teratur, mejalankan perilku hidup sehat seperti makan makanan yang bergizi, tetap berolahraga dan istirahat secara teratur.

Prof. Dr. dr. Ketut Suastika Sp.PD-KEMD menjelaskan bahwa, “Penanganan kasus penyandang diabetes saat masa pandemic Covid-19 dilakukan menggunakan prinsip pertama yakni prinsip pencegahan dasar, dengan mematuhi 3M (Memakai masker, Menjaga Jarak dan Mencuci tangan. Kedua yakni prinsip khusus diabetes seperti, rutin melakukan pengecekan gula darah, meminum obat secara teratur yang disarankan oleh dokter serta menerapkan perilaku hidup sehat.”

Event yang diselenggarakan Diabetasol dalam rangka World Diabetes Day akan berlangsung lagi pada tanggal 9 dan 10 November 2020 dengan mengadakan acara online Webinar dari para expert melalui “Youtube Diabetasol Indonesia”. Pada 14 November 2020 Diabetasol juga akan melangsungkan kegiatan donasi bagi tenaga medis. Diabetasol juga mengadakan lomba Journalist Writing Competition untuk menulis artikel edukasi bagi para penderita diabetes di Indonesia dan keluargannya tentang cara menjalankan hidup normal dan tetap produktif, meskipun divonis menderita diabetes.

“Marilah kita bersama-sama melakukan komitmen untuk turut serta dan berperan aktif dalam mendampingi diabetesi untuk menjaga gula darah mereka agar tetap stabil dan mereka dapat hidup dengan sehat,” ujar Tunghadi Indra.

Pewarta : Naviska Rahmadani
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait