Wisata Sumber Torong Park Tak Kunjung Ramai - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Wisata Sumber Torong Park Tak Kunjung Ramai
HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Wisata Sumber Torong Park Tak Kunjung Ramai

SATUKANAL. com , BATU– Pandemi Covid-19 mulai surut kini. Namun, masih adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro masih memberi dampak pada sektor pariwisata. Contohnya Sumber Torong Park yang berada di Desa Sisir, Kecamatan Batu.

Pemandian yang tidak begitu lama dibuka ini mengalami penurunan meski sebelum pandemi pun juga tidak begitu banyak yang mengunjungi. “Pengunjung kesini karena lagi pingin main air saja. Tempatnya enak harga tiketnya juga murah,” terang Ketua Sumber Torong Park, Hari Agung hari ini (15/4). Tetapi, setelah berbagai kebijakan mengenai pandemi Covid-19 turun, destinasi wisata ini cenderung makin sepi.

Setiap harinya kurang lebih hanya 20 orang saja yang berkunjung. “Sebelumnya mayoritas kebanyakan pengunjung adalah anak-anak sekolah yang melakukan rombongan untuk berlibur bersama. Tapi kan sekarang sekolah libur, jadi sepi,” ucapnya. Ia mengaku hanya bisa pasrah akan keadaan yang memang sedang tidak mendukung.

Baca Juga :  Penjual Takjil di Perumahan Oma Campus Dau Sumbang Kemacetan

Sumber Torong Park awalnya hanya sumber air biasa yang digunakan masyarakat sekitar saja. “Awalnya cuma seperti sumber biasa. Tapi di tahun 2018 ada inisiatif warga untuk membukanya sebagai tempat wisata,” paparnya.

Tempat pemandian ini terdiri dari dua kolam. Satu kolam digunakan untuk pengunjung berenang. Sedangkan kolam lain berisikan ikan – ikan cantik, seperti ikan mas, nila dan koi. Dalam kolam ikan ini juga terdapat perahu yang bisa dinaiki pelancong.

Wisatawan akan mendapat serunya pengalaman naik perahu dengan keindahan ikan yang terlihat dari atas air. Lokasi pemandian yang dikelilingi sawah menjadikan suasana tenang sangat dominan ketika berada di sana. Ada juga berapa ukiran maupun patung buatan manusia yang sengaja dibuat dengan tujuan mempercantik tempat wisata itu.

Baca Juga :  Dinkes Beberkan 7 Cara Penting Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

Di area tengah torong park terdapat patung wanita cantik yang seakan menyambut kedatangan tamu. Dekat area kolam renang terlihat ukiran batu yang menggambarkan strata dalam agama Budha. Hari menjelaskan jika sebenarnya terdapat beberapa arca yang ada sejak lama, namun kini telah menghilang entah kemana.

“Memang dulunya tempat ini dipergunakan sebagai tempat menyucikan diri sebelum masyarakat setempat melakukan acara keagamaan,” ujarnya. Harga tiket yang dipatok untuk dapat memasuki wisata ini ialah Rp 10 ribu per orang.

 

 

 

Pewarta : Wildan Agta Affirdausy
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait