SATUKANAL.COM
BERITA

Wisata Rumah Papua Bermitra Dengan Perhutani Malang, Apa Alasannya?

Satuchannel.com, Kota Batu – Pesona alam Kota Batu dimanfaatkan masyarakat untuk mengelolanya menjadi objek wisata, salah satunya di Rumah Papua. Terletak satu lokasi dengan Goa Pinus, objek ini dikelola masyarakat peternak sapi perah melalui Koperasi Margo Makmur Mandiri.

Berada di Dusun Brau, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu objek wisata ini dirintis bekerjasama dengan Perhutani KPH Malang.

Penanggungjawab wisata Rumah Papua, Muhammad Munir mengatakan perjanjian kerjasama pengelolaan hutan di kawasan hutan pinus Desa Gunungsari, Bumiaji, Kota Batu ini dilakukan pada 8 Mei 2017 di Denpasar, Bali lalu.

“Awalnya kami bergerak di peternakan sapi perah, namun kami ingin mengembangkan ke wisata untuk menyejahterakan anggota koperasi.” ungkapnya.

Ia menambahkan, saat itu koperasi diajak oleh Kementerian Koperasi untuk bermitra bersama Perhutani. Terlebih potensi alam di Dusun Brau ini memang tinggi, maka dikembangkan.

“Harapannya dengan pengelolaan wisata ini juga mengangkat kesejahteraan masyarakat sekitar, kebetulan kami pekerjakan juga pemuda – pemuda dusun dan désa sekitar sini.” jelas Munir. (Swan)

Kanal Terkait