Wisata Pujon Kidul Kembali Bangkit Setelah Pandemi - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Wisata Pujon Kidul Kembali Bangkit Setelah Pandemi
Desa wisata Pujon (Foto: Wildan Agta/ Satukanal.com)
BERITA Kanal Highlight Kanal Lipsus

Wisata Pujon Kidul Kembali Bangkit Setelah Pandemi

Sektor pariwisata kembali menggeliat, setelah berbagai pembatasan akibat pandemi Covid-19. Seperti di Desa Wisata Pujon Kidul yang kunjungannya kembali normal.

Satukanal.com, Malang Wildan Agta 

Pelaku wisata ini sempat kesulitan ketika tahun lalu harus tutup lima bulan, imbas Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Di awal tahun ini juga ditemui PSBB jilid dua. Namun, bangkitnya sektor pariwisata sudah mulai tercium.

Peningkatan mulai terlihat sejak libur Lebaran usai. “Saat bulan puasa, hanya ada 7 sampai 10 pengunjung. Sekarang pada weekday pelancong bisa mencapai 500 orang, sedangkan di weekend mencapai 1500 hingga 2000 wisatawan,” jelas Marketing Kafe Sawah, Anjik Gunawan.

Baca Juga :  Melihat Semangat Komunitas dan Warga Menjaga Pelestarian Heritage di Kayutangan

Meski begitu, mereka tetap tidak meremehkan standar protokol kesehatan yang ada. Adanya tempat cuci tangan di berbagai sudut destinasi merupakan bukti perhatian pihak pengelola. Mereka siap akan kehadiran pelancong luar daerah.

Anjik juga optimis dengan perkembangan wisatawan kedepannya. Ia memprediksi jumlahnya akan lebih meningkat lagi. “Bakal membaik lagi. Karena masyarakat sudah mulai jenuh dan membutuhkan tempat untuk refreshing,” katanya pada Satukanal.com.

Biaya masuk ke Wisata Desa Pujon Kidul terbilang murah. Hanya dipatok seharga Rp 12.500 di weekday maupun weekend. Pengunjung juga mendapatkan voucher sebesar Rp 8 ribu. Untuk wisatawan berusia dibawah 8 tahun, tidak dikenai biaya.

Baca Juga :  Pokdarwis Koeboeran Londo Selenggarakan Ritual Hana O Maku di Tugu Jepang

Sementara itu, menurut Anjik mayoritas pengunjung berasal dari Surabaya, Gresik dan Pasuruan. Ia berharap agar destinasi wisata ini lebih berkembang lagi. “Harus lebih ditingkatkan lagi. pemuda lebih kreatif lagi dan jangan takut dengan kita yang tidak sekolah, yang penting berani,” harapnya. Wisata Desa Pujon Kidul dikelola oleh Bumdes dari pemanfaatan tanah kas desa.

 

 

Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait