WHO Ungkapkan Penting Untuk Mengetahui Asal Usul Virus Corona. Begini Alasannya - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
WHO Ungkapkan Penting Untuk Mengetahui Asal-Usul Virus Corona. Begini Alasannya
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

WHO Ungkapkan Penting Untuk Mengetahui Asal Usul Virus Corona. Begini Alasannya

SATUKANAL.com, NASIONAL– Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO baru baru ini menyatakan jika penting untuk mengetahui asal usul virus corona. Melalui peneliti bidang keamanan makanan dan penyakit infeksi hewan dari WHO Dr. Peter Embarak, WHO memaparkan sejumlah alasan kunci mengenai  pentingnya mengetahui asal usul virus tersebut. Penjelasan Embarak ini disampaikan melalui video yang diunggah di akun twitter WHO, @WHO pada 17 Januari 2021.

Embarak mengatakan jika ada tiga alasan yang membuat WHO menganggap penting menyelidiki asal-usul virus corona. Berikut pemaparannya:

Mencegah virus yang sama menjangkiti manusia

Pencegahan penularan virus ini di kemudian hari dapat dilakukan dengan mengetahui asal-usul virus covid-19 ini. Pandemi global dengan jenis virus yang sama dapat dicegah dengan mengetahui seluk-beluk dari virus yang menjangkiti populasi manusia.

Hal ini pula lah yang disampaikan oleh Embarek. Ia menyebut jika sumber virus yang masih berada di luar sana dapat ditemukan. Maka pencegahan dapat dilakukan. “Jika kita menemukan sumbernya dan virus masih di luar sana, kita dapat mencegah masuknya kembali virus yang sama ke populasi manusia,” jelas Embarek dikutip dari kompas.com.

Baca Juga :  Waspada, Beras Mengandung Zat Kimia! Begini Cara Identifikasinya
Memahami penularan

Sejauh ini, dugaan sumber virus yaitu kelelawar. Berdasarkan dugaan tersebut, tim ilmuwan WHO ingin memahami bagaimana mutasi virus tersebut. Embarak sendiri merupakan seorang doktor di bidang zoonesis. Zoonesis merupakan penyakit infeksi oleh hhewan.

WHO meminta kepada Embarak dan ilmuwan lainnya untuk mengetahui kebenaran dugaan penularan covid-19 dari kelelawar ke tubuh manusia. “Alasan kedua adalah jika kita memahami bagaimana yang satu (virus) ini melompat dari kelelawar ke manusia, kita mungkin bisa mencegah kejadian serupa di masa depan,” kata Embarak

Mengembangkan pengobatan vaksin

Menurut Embarak,  kepastian akan asal-usul virus dapat membantu perkembangan pengobatan dan vaksin. Walaupun, vaksin covid-19 telah ditemukan, pengembangan serta penelitian haru steru sdilakukan. Ia menyebut, jika pengembangan pengobatan dan vaksin akan membawa pada kondisi global yang lebih baik.

Baca Juga :  Fakta-Fakta Jaringan 5G Yang Diluncurkan Hari Ini

Sebelumnya, Tim ilmuwan WHO yang berjumlah 10 orang dan dipimpin ooleh Embarak dengan berbagai latar belakang studi melakukan penyelidikan mengenai asal-usul virus crona penyebab covid-19 yang dilaporkan bahwa kasus pertamanya terjadi di Wuhan, China.

Tim tersebut akan melakukan karantina selama dua pekan. Kemudian, mereka akan melakukan wawancara kepada orang-orang dari lembaga penelitian, rumah sakit serta orang-orang di Pasar Ikan Wuhan.

Di awal kemunculan virus corona, muncul narasi bahwa virus tersebut merupakan senjata biologis yang sengaja disebarkan China. Hal tersebut dibantah oleh Embarak. Ia menjelaskan jika ilmuwan telah memiliki alat untuk mendeteksi virus buatan. Sehingga, ia dan para ilmuwan bisa mengetahui, apakah virus corona termasuk virus buatan atau tidak.

“Virus corona adalah virus alami dan tidak diproduksi dengan sengaja ooleh manusia, tidak ada apapun dalam susunannya yang menunjukkan sengaja diproduksi,” jelasnya.

 

 

Pewarta: Adinda
Editor: Redaksi Satukanal

 

 

 

Kanal Terkait