WaWali Kota Malang Tanam Pohon Segudang Manfaat di Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
WaWali Kota Malang Tanam Pohon Segudang Manfaat di Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI)
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

WaWali Kota Malang Tanam Pohon Segudang Manfaat di Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI)

SATUKANAL.com, MALANG – Tanggal 28 November yang diperingati sebagai Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI). Peringatan HMPI ini berdasarkan pada keputusan Presiden RI Nomor 24 Tahun 2008. Pada Keputusan Presiden itu menjelaskan bahwa, tanggal 28 November ditetapkan sebagai Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan bulan Desember sebagai bulan Menanam Nasional.

Dalam amanatnya, Presiden meminta kepada masyarakat agar menanam minimal satu pohon per orang atau yang hari ini dikenal dengan One Man One Tree (OMOT). Penanaman pohon serentak ini merupakan suatu upaya untuk memulihkan kerusakan hutan dan lahan, merehabilitasi kembali hutan rusak dan lahan kritis dengan cara menanam pohon dibeberapa kawasan.

Peringatan HMPI pun juga dilakukan oleh Pemerintah Kota Malang bersama dengan masyarakat sekitar dan turut hadir Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Rinawati beserta jajarannya serta Kepala Bagian Humas Kota Malang, Widianto.

Aksi penanaman pohon yang dilakukan oleh Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko berlangsung di lingkungan sekolah yaitu di SMPN 11 Malang, kawasan Lapangan Sampu, Kelurahan Bakalan Krajan serta kawasan Makam Mulyorejo

10 ribu lebih bibit pohon pule disiapkan Wakil Walikota Malang, guna menggerakkan masyarakat untuk turut serta dalam melestarikan lingkungan sekitar. Adanya Gerakan Tanam Pohon yang dilakukan secara bertahap di wilayah Kota Malang, Sofyan Edi berharap agar nantinya masyarakat dapat teredukasi untuk dapat mencintai lingkungan.

Kegiatan ini di awali dengan acara apel gerakan tanam pohon yang dilakukan di Lapangan Sampo Malang. Pada kesempatan tersebut Sofyan Edi berpesan agar, kegiatan penanaman pohon ini dapat terus dilakukan secara merata pada seluruh wilayah Kota Malang.

Sofyan menyampaikan bahwa, “Saat ini kita memasuki musim penghujan, sehingga dibutuhkan banyak pohon untuk menjadi resapan air yang dapat menghindarkan kita dari banjir” ujarnya.

Kegiatan penanaman pohon yang juga dilakukan di kawasan pendidikan ini, bertujuan agar para siswa-siswi teredukasi sejak dini untuk turuk serta menjaga lingkungannya dengan menanam pohon yang berguna untuk penghijauan kembali wilayah Kota Malang.

Pemilihan jenis pohon pule dalam kegiatan Hari Menanam Pohon ini, dikarenakan pohon pule selain peneduh dari teriknya cahaya matahari, pohon pule juga dipercaya memiliki segudang manfaat bagi lingkungan sekitar.

Khasiat pohon pule selain sebagai penghijauan, juga dipercaya sebagai obat herbal, “katanya mampu menurunkan demam, nanti kalo pohonnya sudah besar, harganya juga mahal” jelasnya.

 

Pewarta : Naviska Rahmadani
Editor : Redaksi Satukanal

 

Kanal Terkait