Waspadai Masker Medis Palsu, Begini Cara Mengeceknya - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Waspadai Masker Medis Palsu, Begini Cara Mengeceknya
Kanal Straight

Waspadai Masker Medis Palsu, Begini Cara Mengeceknya

Satukanal.com, Nasional – Pandemi Covid-19 yang hingga kini belum usai, Masyarakat juga diingatkan akan bahaya beredarnya masker medis palsu di pasaran. Tidak seperti dahulu, kini masyarakat juga dimudahkan untuk mendapatkan masker medis dengan harga murah.

Untuk menghindari masker medis palsu, masyarakat diminta untuk teliti sebelum membeli dengan mengecek izin edar masker medis dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Apabila masyarakat ingin mengetahu beberapa merk masker medis yang telah mendapatkan izin edar dari Kemenkes, dapat mengakses website infoalkes.kemkes.go.id.

Perlu diketahui, agar mendapatkan izin edar dari Kemenkes, masker medis diharuskan untuk memenuhi persyaratan mutu, kemananan dan manfaat dari pengguna. Selain itu, harus dilakukan uji Bacterial Filtration Efficiency (BFE), Particle Filtration Efficiency (PFE), breathing resistance, dan lainnya.

Dari rangkaian pengujian tersebut harus dipenuhi untuk memastikan masker mampu mencegah masuknya droplet atau virus dan bakteri. Masker yang lulus pengujian itulah yang mendapat izin edar dan dikategorikan sebagai masker alat kesehatan.

Baca Juga :  Butuh Konsultasi Saat Isoman? 11 Link Telemedicine Ini Bisa jadi Solusinya

Menurut data dari Dirjen Kefarmasian dan Alat Kesehatan (Farmalkes) Kemenkes menyebutkan bahwa, saat ini terdapat 996 masker yang mendapat izin edar dari Kemenkes. Untuk menindaklanjuti peredaran masker ilegal atau yang tak sesuai dengan peruntukannya, Kemenkes telah bekerja sama dengan aparat hukum.

Selain itu, beberapa peredaran masker medis palsu sudah banyak dilakukan penyitaan. Penyitaan tersebut didasarkan kepada masker medis yang terbukti tidak memiliki izin edar yang telah ditetapkan oleh Kemenkes.

Selain itu, jika tenaga kesehatan dan masyarakat menemukan masker yang dicurigai tidak memenuhi standar maka bisa melaporkan ke Halo Kemenkes di 1500567.

Sebagai informasi, berikut adalah beberapa cara lain untuk mengenali masker medis palsu dan yang asli.

1. Tes visual

Apabila penjual masker medis mengklaim bahwa masker tersebut adalah masker 3 lapis, secara logika masker itu memang harus punya 3 lapisan. Buka atau robek salah satu masker dan seharusnya Anda melihat 3 lapisan yang jelas. Masker 3 lapisan biasanya terdiri dari kepingan Translucent (atas), lapisan putih (tengah), dan kepingan berwarna (Hijau, Biru, atau bahkan Putih).

Baca Juga :  Rekomendasi Vitamin Saat Isolasi Mandiri, Simak!

2. Uji air

Masker bedah tidak hanya melindungi orang lain dari batuk dan bersin, tetapi juga memberikan perlindungan terhadap orang lain. Karena itu, lapisan luarnya didesain tahan air. Cobalah lipat masker sehingga bagian luarnya membentuk corong. Kemudian tuangkan air ke dalamnya. Jika masker tersebut asli maka, masker akan menahan air.

3. Uji bakar

Meskipun masker medis memiliki 3 lapis masker, pastikan lapisan tengahnya adalah masker, bukan kertas. Oleh karena itu, jika Anda membakarnya dengan api, filter yang ada pada masker seharusnya tidak bisa terbakar.

 

 

 

 

Pewarta : Naviska
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait