Waspada, Pelaku Pencurian Gunakan Plat Nomor Palsu untuk Siasati CCTV - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
BERITA

Waspada, Pelaku Pencurian Gunakan Plat Nomor Palsu untuk Siasati CCTV

Pelaku tindak kejahatan kian lihai dalam menyiasati polisi. Selain mengenakan jaket tertutup dan masker guna menyembunyikan identitasnya, pelaku juga semakin mahir guna menghilangkan jejak kriminal. Salah satunya, menggunakan plat nomor kendaraan palsu, guna menyiasati keberadaan Closed Circuit Television (CCTV).

Seperti aksi pencurian sepeda motor (curanmor) yang terjadi di wilayah hukum Polsek Lawang, pada akhir pekan lalu. Guna mengelabuhi korban, komplotan pencurian yang beranggotakan dua pria ini, sengaja beraksi pada waktu subuh. Dimana pada jam itu korban yang disasar sedang sholat berjamaah.

Seperti yang sudah diberitakan, aksi curanmor yang terjadi di Masjid Miftachul Jannah, yang berlokasi di Jalan Tawang Argo Kecamatan Lawang. Sempat terekam CCTV. Rekaman yang berdurasi sekitar satu menit ini, seketika viral di media sosial (medsos). Belakangan diketahui, korban yang bernama Arya Ardhi Winata yang kali pertama memposting ke jejaring sosial beberapa waktu lalu.

Dalam unggahanya, korban sempat mencantumkan dua video hasil rekaman CCTV, dan dua foto. Dimana satu foto merupakan sepeda motor CB150R nopol N-5174-HJ milik korban yang dibawa kabur pelaku. Sedangkan satu foto lainnya memampang plat nomor dari kendaraan honda beat yang digunakan pelaku. “Berita pencurian ini sudah saya posting ke tiga grub facebook dan dua grub twitter,” kata Arya kepada kami.

Pergerakan masif yang dilakukan korban, ternyata belum membuahkan hasil yang signifikan. Meski sudah lapor ke polisi dan memposting ke medsos, nyatanya sepeda motor milik pria 21 tahun itu belum ditemukan. “Ada beberapa komentar dari pengguna medsos, katanya pelaku pencurian memang spesialis subuh. Bahkan sebelum mencuri motor saya, dua pelaku tersebut katanya juga pernah beraksi di lokasi lain di Kecamatan Lawang,” sambung Arya.

Terpisah, Kanit Reskrim Polsek Lawang, Iptu Fajar Rianu seolah membenarkan dugaan dari warganet. Namun demikian, pihaknya masih berupaya melakukan penyelidikan guna mengungkap kasus pencurian yang sempat viral tersebut. “Analisa kami pelaku memang sering melancarkan aksi pencurian. Diduga waktu subuh menjadi saat untuk kedua pelaku beraksi. Namun kasus ini masih dalam proses lidik, guna membuktikan analisa tersebut,” kata Fajar.

Ketika ditanyakan terkait plat nomor kendaraan S-6680-SE, yang sempat terekam CCTV. Fajar menuturkan, jika nopol kendaraan beat yang digunakan beraksi oleh pelaku, merupakan plat nomor palsu. “Kami sudah menelusuri plat nomor tersebut. Namun tidak terdaftar, itu plat nomor palsu,” pungkasnya.

Kanal Terkait