Waspada! Omicron Masuk Kabupaten Malang, 1 RT Di-Lockdown, 20 Orang Dites PCR - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
omicron kabupaten Malang
Pintu masuk ke RT yang di-lockdown lokal dijaga aparat. Upaya memutus mata rantai Covid-19 varian Omicron. (foto: ist)
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

Waspada! Omicron Masuk Kabupaten Malang, 1 RT Di-Lockdown, 20 Orang Dites PCR

satukanal.com, Malang –  Seorang warga di Singosari, Kabupaten Malang dipastikan positif terpapar Covid-19 varian Omricon. Saat ini, warga berjenis kelamin perempuan berinisial LI (30) sudah dikarantina di rusunawa ASN atau safe house di Kecamatan Kepanjen. Untuk mengantisipasi penyebaran Omicron, kawasan rumahnya di Jalan Segaran RT 02 RW 01 Dusun Karanglo, Desa Banjararum, di-lockdown.

Sekretaris Desa Banjararum, Sutrisno menjelaskan, informasi yang diterima pemerintah desa hanya LI yang dinyatakan positif Omicron. Namun, anak dan orang tua LI juga dibawa ke safe house pada Jumat (14/1/2021) sekitar pukul 22.00. “Yang duanya positif (Covid-19) tapi tidak tahu Omicron atau tidak. Mereka dibawa semuanya ke safe house karena positif dan tinggal se-rumah,” tutur Sutrisno kepada suara.com di Kantor Desa, Sabtu (15/1/2021)

Pasien Omicron Sering Bermukim di Jalan Borobudur Kota Malang

LI bekerja di sebuah bank di Kota Malang. Dia jarang berada di Desa Banjararum.  Menurut Sutrisno, LI kebanyakan tinggal di Jalan Borobudur, Kota Malang. “Cuma waktu sakit kemarin ke Puskesmas pakai alamat Segaran. Cuma selama ini aktifitas di wilayah Kota Malang,” tutur dia.

Baca Juga :  Pemerintah Prediksi Puncak Omicron Akan Terjadi Februari hingga Maret

Pihak desa pun tidak mengetahui pasti penyebab dari LI bisa terkena varian Omicron. Gejala-gejala sebelumnya juga tidak ada warga sekitar yang tahu.

“Kami tidak tahu sudah tanya ke RT dan RW ya gak tahu soalnya jarang tinggal di sini. Tahu-tahu ya kemarin itu dibawa ke Safe house rusunawa di Kepanjen,” tambah Sutrisno.

Lockdown Lokal, Dijaga Aparat

Sementara itu, kini kondisi di Jalan Segaran RT 02 RW 10 dilakukan lockdown lokal. Terdapat dua polisi yang berjaga di depan pintu masuk RT 02. “Kami lakukan lockdown lokal untuk mengantisipasi agar tidak semakin menyebar virus ini. Harapannya begitu,” tuturnya.

Baca Juga :  Mencengangkan! Ini Deretan OTT KPK di Awal Tahun 2022, 3 Pejabat Daerah dan 1 Hakim

Sementara itu, 20 warga yang kontak erat yakni tetangga dari rumah LI juga telah dites PCR. “Hasilnya belum tapi kami kemarin malam diminta untuk tracing melakukan tes PCR ke tujuh rumah kanan kiri depan dari yang bersangkutan. Hasilnya masih belum ada informasi sampai saat ini,” tutup dia.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, Arbani Mukti Wibowo membenarkan. Ada satu warga Kabupaten Malang berinisial LI terpapar Covid-19 varian Omicron. Kini LI pun sudah dibawa ke safe house rusunawa Kepanjen bersama dengan anak dan orang tuanya yang tinggal satu rumah di Desa Banjararum.

“Tapi untuk dua lainnya (anak dan orang tua LI) positif memang Covid-19. Tapi belum tahu apakah Omicron atau tidak. Sample-nya sudah kami bawa ke RS Unair. Tapi hasilnya belum keluar,” ujarnya, Sabtu (15/1/2022). “Gejalanya ringan batuk pilek biasa,” tutup dia. (suara.com/danu)

 

Kanal Terkait