Waspada, Intensitas 1 Jam Berpotensi Bencana : BPBD Kabupaten Kediri - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Waspada, Intensitas 1 Jam Berpotensi Bencana : BPBD Kabupaten Kediri
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

Waspada, Intensitas 1 Jam Berpotensi Bencana : BPBD Kabupaten Kediri

Satukanal.com, Kediri – Bencana banjir yang menggenangi beberapa titik wilayah Kediri, membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kediri melakukan aksi penanganan bencana.

Titik wilayah yang dihimpun sekitar 10 lokasi yang tersebar di 7 (Tujuh) Kecamatan di Kabupaten Kediri. Tujuh Kecamatan tersebut diantaranya Ngasem, Kayen Kiduk, Kepung, Pare, Papar, Mojo, dan Tarokan.

“Mitigasi kebencanaan sejak tadi malam, Rabu (06/01/2021). Titik kurang lebih sekitar 10 titik, beberapa masih kami inventarisir. Juga sudah dicek ke lokasi oleh teman-teman,” kata Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Kediri, Johan Marasponda, kepada Satukanal.com, Kamis (07/01/2021).

Baca Juga :  Pemkab Kediri Mulai Terapkan Pembayaran Non Tunai untuk Pajak dan Tiket Wisata

Dalam mitigasi bencana jangka pendek, pihaknya akan memberi penanganan terdampak banjir atau tanah longsor. Sedangkan dalam jangka panjang tetap selalu mengupayakan Pemerintah Desa menganggarkan dana untuk kebencanaan. Seperti perluasan dan penguatan tanggul sungai untuk penanggulangan banjir.

Dia juga mengungkapkan, setiap hari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) selalu memperingatkan pengaruh cuaca buruk dimana saja. Sebab secara periodik cuaca mengalami kondisi yang berpindah-pindah.

Baca Juga :  Puluhan Siswa di Kediri Ikuti Seleksi Olahraga Permainan Tradisional Tingkat Provinsi

“Untuk masyarakat kabupaten Kediri tetap waspada, dalam intensitas satu jam saja sangat berpotensi terjadinya bencana. Seperti banjir, angin kencang, dan tanah longsor,” tegasnya.

Menurut data BMKG, beberapa hari kedepan masih berpotensi hujan, dengan titik waktu tidak tetap. Dampak tinggi curah hujan akan menimbulkan potensi bencana di lingkungan masyarakat.

“Kalau sudah dirasa berpotensi bencana, hendaknya mewaspadai hal-hal yang tidak diinginkan,”pungkasnya.

 

 

 

 

Pewarta : Anis Firmansah
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait