Waspada! Empat Daerah Di Jatim Berpotensi Banjir - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Waspada! Empat Daerah Di Jatim Berpotensi Banjir
ilustrasi banjir/Foto: fk.unej.ac.id
BERITA Kanal Straight

Waspada! Empat Daerah Di Jatim Berpotensi Banjir

Satukanal.com, Jawa Timur – Potensi banjir dengan status waspada masih menyelimuti beberapa daerah di Jawa Timur. Potensi banjir ini diprediksi akan terjadi pada Selasa, 25 Mei 2021.

Ada empat wilayah di Jawa Timur (Jatim) yang diprediksi akan mengalami banjir yakni Pasuruan, Lumajang, Malang dan Probolinggo. Hal tersebut didasarkan pada hasil analisis dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) serta BNPB dengan InaRisk.

Terkait banjir yang bakal terjadi, disebutkan bahwa akan berpotensi hingga ke level kecamatan. Adapun rincian kecamatan di tiap daerah jatim yang teah disebutkan yakni Kabupaten Malang berpotensi terjadi di kecamatan Sumbermanjing, Dampit, Ampelgading, Poncokusumo, Wajak, Turen, Gondanglegi,  Pagelaran, wagir, Pakisaji, Tajinan, Tumpang, Paki, Jabung serta Singosari.

Sedangkan untuk daerah Lumajang terdapat beberapa kecamatan yang dihimbau agar waspada terhadap potensi banjir yakni Tempursari, Pronojiwo, Candipuro, dan Pasrujambe.

Baca Juga :  Harga Kedelai Eceran di Kediri Sentuh Rp 15 Ribu, Disdag Kediri Berencana Lakukan Ini

Menyusul untuk wilayah Probolinggo diwaspadai pada Kecamatan Sukapura. Terakhir untuk wilayah Pasuruan, diprediksi terjadi pada Kecamatan Tosari.

Saran BMKG Untuk Pemerintah Daerah

Lebih lanjut, BMKG menyarankan pemerintah daerah untuk mengambil langkah-langkah antisipasi juga kesiapsiagaan yang meliputi pertama, memantau kondisi terkini yang terjadi di lapangan dan menyebarkan informasi peringatan (curah hujan dan tinggi muka) serta potensi wilayah yang terdampak.

Kedua, pemerintah daerah juga disarankan untuk melakukan koordinasi dengan para stakeholder dalam upaya penyiapan tim siaga bencana dan sumberdaya. Ketiga, melakukan identifikasi tempat pengungsian termasuk infrastruktur sesuai protokol kesehatan.

Kelima, melakukan identifikasi kebutuhan logistik dan peralatan. Terakhir, dengan memastikan fungsi alat peringatan dini serta memastikan ketersediaan rambu juga jalur evakuasi.

Saran BMKG Untuk Masyarakat

Selain pemerintah daerah, BMKG juga memberikan himbauan kepada masyarakat untuk mengambil langkah-langkah antisipasi dan kesiapsiagaan dengan cara menyiagakan tim siaga bencana yang berguna untuk memantau konisi terkini lapangan, melakukan koordinasi dengan aparatur Desa serta mempersiapkan evakuasi.

Baca Juga :  Asyik Swafoto, Tiga Mahasiswa Terhempas Ombak Pasang Pantai Batu Bengkung

Selanjutnya, masyarakat dihimbau pula untuk mempersiapkan beberapa barang penting ke tempat aman serta melekukan pembatasan di luar rumah. Masyarakat juga dihimbau agar menghindari pohon besar, baliho dan saluran air/gorong-gorong apabila berada di luar rumah.

Tak lupa, pihak BMKG menghimbau masyarakat untuk mempersiapkan tas siaga bencana yang berisi makanan, minuman, obat, uang, pakaian dokumen dan dokumen berharga.

Hal itu dilakukan guna mengantisipasi hal-hal buruk yang kemungkinan terjadi. Serta, upaya 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun) dihimbau untuk senantiasa selalu diterapkan.

 

 

Pewarta : Adinda
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait