Waspada! Begini Gejala Varian Baru Virus Corona - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Waspada! Begini Gejala Varian Baru Virus Corona
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

Waspada! Begini Gejala Varian Baru Virus Corona

SATUKANAL.com, NASIONAL– Laporan delapan negara yang telah menemukan kasus pertamanya terkait varian baru virus corona sempat menggemparan seluruh pelosok negeri. Mengingat hingga saat ini, penanganan penyebaran covid-19 di Indonesia masih terus berlangsung.

Kedepalan negara yang melaporkan temua varian baru virus corona tersebut diantaranya Irlandia Utara, Isreal, Singapura, Denmark, Belanda, Australia, Italia, Gibraltar, dan diduga juga muncul di Perancis, dan Afrika Selatan.

Terkait negara singapura yang keberadaannya paling dekat dengan Indonesia. Mengkonfirmasi bahwa mutasi virus corona seperti virus dengan jenis yang sama yang menyebar di Inggris telah ditemukan di negaranya.

Dilansir dari Times of India, National Health Service (NHS) pun menyoroti gejala Covid-19 yang kerap dialami pasien saat terinfeksi virus corona jenis baru ini. Selain gejala umum Covid-19 seperti demam, batuk kering, dan hilangnya indra penciuman dan perasa, ada 7 gejala lain yang dikaitkan dengan varian baru corona.

Baca Juga :  Punya Nilai Jual Tinggi, 5 Tanaman Hidroponik Ini Terbaik di Golongannya

Berikut gejala varian baru virus corona ini:

  • Kelelahan
  • Kehilangan selera makan
  • Sakit kepala
  • Diare
  • Kebingungan
  • Nyeri otot
  • Ruam kulit

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mendesak anggotanya di Eropa untuk meningkatkan upaya melawan varian baru virus corona SARS-CoV-2 yang menyebar di Inggris.

Di luar Inggris, varian baru virus corona ditemukan pada 9 kasus di Denmark, serta masing-masing 1 kasus di Belanda dan Australia.

“Di seluruh Eropa, di mana penularannya intens dan meluas, negara-negara perlu menggandakan pendekatan pengendalian dan pencegahan mereka,” ujar juru bicara WHO, 20 Desember 2020.

Anggota WHO di seluruh dunia diminta merunut virus SARS-CoV-2 dan berbagi data urutan internasional, khususnya bagi negara yang melaporkan adanya mutasi virus yang sama.

Baca Juga :  Aturan Baru Polri, SIM C Bakal Digolongkan Jadi SIM C1 dan C2

WHO mencatat, strain baru dari virus corona ini kemungkinan dapat menyebar lebih mudah di antara orang-orang dan memengaruhi tes diagnostik.

“Informasi awal bahwa varian tersebut dapat memengaruhi kinerja beberapa tes diagnostik,” tulis WHO.

Hingga saat ini, belum ada bukti bahwa vaksin, baik yang dibuat oleh Pfizer dan BioNTech, tidak akan melindungi terhadap varian baru yang dikenal sebagai garis keturunan B.1.1.7 ini.

Seperti diketahui, strain baru virus corona yang ditemukan di Inggris ini telah menyebar ke sejumlah negara, termasuk Australia dan Singapura.

 

 

 

Pewarta: Adinda
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait