Waspada Banjir, BMKG Prediksi Seluruh Jatim Diguyur Hujan Disertai Angin Kencang - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Waspada Banjir, BMKG Prediksi Seluruh Jatim Diguyur Hujan Disertai Angin Kencang
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

Waspada Banjir, BMKG Prediksi Seluruh Jatim Diguyur Hujan Disertai Angin Kencang

SATUKANAL.com, SURABAYA– BMKG Prediksi seluruh Jawa Timur diguyur hujan ringan hingga lebat disertai angin kencang pada 24 Februari hingga 26 Februari. Meski begitu, hujan tidak berlangsung secara serentak dan merata. Ada pula daerah yang cerah dan berawan.

Teguh Tri Susanto selaku Kasi Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda Surabaya menghimbau agar seluruh masyarakat berhati-hati dan waspada. Mengingat, curah hujan deras disertai petir bisa saja menimbulkan dampak.

“Waspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dan disertai angin kencang sesaat. Waspadai potensi genangan hingga banjir. Imbauan yang bisa kami sampaikan agar tetap tenang, tetap waspada dan tetap mengupdate harian untuk informasi cuaca di sosmed dan web kami,” kata Teguh dilansir dari detikcom, Kamis (25/2/2021).

Informasi terkait perkiraan cuaca yang terjadi hingga 26 Februari telah disampaikan pihak BMKG Juanda Surabaya melalui akun media sosial Twitter. Pada 25 Februari yaitu pagi hari diperkirakan hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat di wilayah Sidoarjo, Gresik, Lamongan, Tuban, Bojonegoro, Nganjuk, Kabupaten Madiun, Kota Kediri, Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Pamekasan, Sampang dan Sumenep.

Baca Juga :  Dampak Gempa Blitar, Sementara Terdata 78 Rumah dan 14 Fasum Rusak

Sedangkan, siang hingga sore hari di wilayah Surabaya, Sidoarjo, Kota Mojokerto, Kabupaten Mojokerto, Gresik, Lamongan, Bojonegoro, Jombang, Nganjuk, Kabupaten Madiun, Kota Madiun, Ponorogo, Pacitan, Tulungagung, Kabupaten Kediri, Kota Kediri, Kabupaten Malang, Kota Malang, Batu, Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Bangkalan, Pamekasan, Sampang dan Sumenep.

Untuk malam hari di wilayah Surabaya, Kota Mojokerto, Kabupaten Mojokerto, Gresik, Lamongan, Jombang, Kabupaten Madiun, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Situbondo dan Bangkalan. Pada dini hari di wilayah Gresik, Pacitan, Tulungagung, Kabupaten Blitar, Bangkalan dan Sampang. Untuk potensi banjir pada 26 Februari di daerah-daerah tersebut disebutkan dalam level siaga.

Lebih lanjut, terkait potensu bajir masih dalam status siaga. “Sementara suhu udara hari ini sekitar 19 – 32°C, kelembapan udara 65 – 100 %. Sedangkan angin dominan dari barat dengan kecepatan 30 km/jam,” ujarnya.

Baca Juga :  Gempa Kabupaten Blitar Dimutakhirkan Menjadi 5,9 Magnitudo

Adapun perkiraan cuaca pada 26 Februari yaitu pagi hari akan terjadi hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang di wilayah Bojonegoro, Ponoroogo, Pacitan, Kota Blitar, Kab. Malang, Kota Malang, Kab. Pasuruan, Kab. Probolonggo dan Jember.

Lalu, di siang hari hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat terjadi di wilayah Kota Mojokerto, Kab. Mojokerto, Lamongan, Bojonegoro, Jombang, Nganjuk, Kab. Madiun, Kota Madiun, Ngawi, Magetan, Ponorogo, Tulungagung, Kab. Blitar, kota Blitar, Kab. Kediri, Kab. Malang, Kota Malang, Batu, Kab. Pasuruan, Kab. Probolonggo, Lumajang, Jember dan Situbondo.

Sementara itu, pada malam harinya hanya dua daerah yang diperkirakan mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat yakni wilayah Kota Madiun dan Magetan. Untuk potensi banjir pada tanggal 26 Februari masuk pada level waspada.

 

 

 

Pewarta: Adinda
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait