Waspada! 5 Makanan Ini Bisa Sebabkan Keracunan - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
keracunan makanan
Ilustrasi seseorang keracunan (Foto: Pixabay.com)
BERITA Kanal Artikel

Waspada! 5 Makanan Ini Bisa Sebabkan Keracunan

Satukanal.comNasional – Makanan memang dapat menyehatkan, tapi bisa juga menjadi perantara penyebaran penyakit atau penyebab keracunan. Itulah sebabnya, Anda perlu memerhatikan makanan yang Anda konsumsi setiap hari.

Keracunan makanan terjadi ketika orang mengkonsumsi makanan yang terkontaminasi bakteri, parasit, virus, atau racun berbahaya.

Dikenal sebagai penyakit bawaan makanan, keracunan makanan dapat menyebabkan berbagai gejala seperti kram perut, diare, muntah, dan kehilangan nafsu makan.

Dilansir dari hellosehat, berikut jenis-jenis makanan yang ternyata mengandung racun, simak selengkapnya.

1. Singkong

Singkong merupakan umbi-umbian yang biasa diolah menjadi tepung serta produk bebas gluten. Tanaman ini memiliki nama lain seperti tapioka dan yucca, banyak ditanam dan dikonsumsi di Uganda. Bahkan di sana, singkong dianggap sebagai sumber utama karbohidrat di daerah tropis.

Siapa yang menyangka bahwa makanan yang sering dijumpai sebagai pengganti nasi ini ternyata cukup berbahaya. Singkong yang disiapkan secara tidak benar atau dimakan mentah dapat membahayakan kesehatanmu.

Karena singkong memiliki akar yang mengandung glikosida sianogenik. Kandungan itu merupakan senyawa kimia yang melepaskan hidrogen sianida saat dipecah. Perlu diketahui, bahwa sianida merupakan racun yang berpotensi mematikan bagi manusia dan hewan.

Baca Juga :  Berkat Elon Musk, Harga Dogecoin Kini Meroket

2. Produk susu mentah

Susu merupakan minuman yang menyehatkan. Kandungan nutrisinya dapat mendukung pertumbuhan dan menjaga kesehatan tulang. Sayangnya, susu yang mentah masih mengandung beberapa bakteri, seperti Listeria campylobacter, E. coli, dan salmonella.

Bakteri dari susu mentah ini menyebabkan proses kedaluwarsa jadi sangat cepat. Apalagi jika dibiarkan di udara terbuka. Bukan hanya susu, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Amerika Serikat, produk susu seperti keju mentah, es krim, dan yogurt dari susu mentah juga bisa menyebabkan keracunan.

3. Telur

Telur menjadi sumber protein yang paling ekonomis ketimbang daging ayam atau sapi. Namun, telur juga bisa menyebabkan tubuh keracunan kalau udah terpapar bakteri salmonella, lho!

Telur dapat terpapar bakteri, baik itu dari hewan petelurnya maupun lingkungannya. Untuk menghindari hal buruk terjadi, belilah telur di tempat yang tepercaya dengan kondisi yang baik. Pastikan kulit telur enggak rusak, bernoda, dan bersih.

4. Kentang

Bahan makanan karbohidrat satu ini sangat lezat bila diolah menjadi kentang goreng, perkedel, donat, dan masih banyak lagi. Tetapi apakah Anda pernah menyangka bahwa kentang bisa membahayakan kesehatanmu?

Baca Juga :  Realisasi Pendapatan APBD Jatim 2021 Tertinggi Nasional

Terutama, pada jenis kentang yang masih tampak kehijauan. Ini bisa terjadi karena kondisi pertumbuhan kentang yang stres atau paparan cahaya, sehingga menyebabkan kentang mengembangkan klorofil dan mengubahnya menjadi hijau.

Klorofil memang aman dikonsumsi, tetapi kondisi yang sama justru dapat menyebabkan menghasilkan solanin beracun tingkat tinggi. Di mana jika dikunsumsi, maka dapat menyebabkan demam, muntah, diare, hingga denyut nadi melambat.

5. Daging mentah

Makan daging sapi, ayam, atau unggas lainnya dalam keadaan mentah bisa membuat Anda keracunan. Meski tinggi protein, daging tersebut juga bisa mengandung bakteri salmonella, E. coli, dan yersinia yang menjadi makanan penyebab keracunan.

Salah satu kunci untuk mencegah keracunan akibat makanan ini, pastikan Anda memasak dagingnya hingga matang. Simpan daging di tempat yang bersih dengan udara dingin, seperti kulkas untuk mencegah pertumbuhan bakteri.

Saat membeli, pastikan daging masih segar, yaitu tidak berair, warnanya merah bukan cokelat, baunya tidak busuk, dan teksturnya kenyal.

 

 

Editor : Naviska

Kanal Terkait