Warga Salah Gunakan Fasum, Satpol PP Diminta Tegas - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Warga Salah Gunakan Fasum, Satpol PP Diminta Tegas
BERITA

Warga Salah Gunakan Fasum, Satpol PP Diminta Tegas

Satukanal.com, Batu – Di Kota Batu banyak ditemui masyarakat yang salah gunakan Fasilitas Umum (Fasum). Salah satu diantaranya yakni penggunaan jalan umun atau trotoar yang kerap digunakan untuk berjualan.

Selain temuan trotoar yang digunakan sebagai tempat berjualan, Oktum masyarakat juga sering ditemui memarkirkan kendaraanya di sepanjang pinggiran jalan, tentunya hal tersebut sangat mengganggu lalu lintas kawasan setempat.

“Fenomena penggunaan fasum untuk kepentingan pribadi perlu dilakukan penertiban. Utamanya penggunaan trotoar pejalan kaki sebagai tempat parkir dan berjualan,” ujar Didik.

Salah satu kawasan yang sering disalah gunakan oknum warga yang tidak bertanggung jawab berada di Jalam Panglima Sudirman hingga Jalan Diponegoro Kota Batu.

Terlihat sepanjang jalan tersebut banyak oknum warga yang yang mempergunakan untuk kepentingan pribadi seperti memarkir mobil.

Baca Juga :  Jeruk Dekopan Asal Jepang yang Menjanjikan

Sebelumnya memang telah diterbitkan Peraturan Daerah yang mengatur terkait hal tersebut. Namun, dalam pelaksanaan penertiban hanya dilakukan musiman. Sehingga, tidak memberikan efek jera kepada beberapa oknum yang sering menggunakan fasilitas publik.

Ketua Fraksi Partai Golkar tersebut menyarankan agar Dinas Perhubungan Kota Batu juga memasang plang larangan berjualan dan parkir di titik-titik setiap jalan. Hal tersebut juga bertujuan agar masyarakat tidak berjualan sembarang dan menggunakan fasum untuk kepentingan pribadi.

“Dikawasan Jalan Bukit Berbunga keberadaan penjual bunga di kanan dan kiri jalan juga bisa ditata ulang. Karena menggunakan trotoar jalan dan setiap ada pembeli menyebabkan macet,” tuturnya.

Baca Juga :  Warga Malang, Mudik ke Tujuh Wilayah Ini Masih Diperbolehkan

Pada kawasan Jalan Bukit Berbunga di Desa Sidomulyo Kota Batu, juga kerap membuat jalan macet. Apalagi setiap akhir pekan banyak pengunjung yang memarkir kendaraan di jalan sempit tersebut.

Didik juga turut menghimbau agar penertiban penggunaan fasilitas publik yang tidak semestinya dapat ditindak. Pihak Satpol PP juga diharapkan agar lebih tegas dan intens untuk melangsungkan pengawasan serta penertiban di beberapa kawasan Kota Batu.

Adanya kondisi tersebut, ia meminta agar ada solusi bagi pedagang bunga dengan penataan ulang. Seperti relokasi ke lokasi yang lebih baik agar pedagang tetap bisa mencari nafkah.

 

 

 

 

 

Pewarta : Naviska
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait