Warga Nekat Mudik, Bekas Penjara Angker Jadi Lokasi Isolasi - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Atasi Warga Nekat Mudik, Bekas Penjara Angker Jadi Lokasi Isolasi Warga
BERITA HIGHLIGHT

Warga Nekat Mudik, Bekas Penjara Angker Jadi Lokasi Isolasi

Satukanal.com, Nasional – Atasi warga yang nekat mudik pada libur lebaran 2021, Pemerintah Kota Madiun memanfaatkan bekas penjara yang terkenal angker untuk menjadi tempat isolasi warga setempat.

Pada Senin (26/4/2021), Muhadjir Effendy selaku Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan turut melakukan kunjungan ke lokasi bekas penjara di Jalan A. Yani, Kota Madiun, Jawa Timur.

Bagi warga Madiun yang nekat mudik pada larangan mudik 6 hingga 17 Mei 2021 mendatang, tempat yang sering disebut angker yakni bekas Rumah Tahanan Militer (RTM) akan dipergunakan bagi pemudik.

“Saya imbau kepada siapa saja untuk tetap tidak mudik. Karena saya setuju dengan pak wali. Mereka yang nekat mudik nanti ditaruh di sini saja,” ujar Muhadjir Effendy.

Baca Juga :  Mulai 29 April 2021, Tarif Tol Ngawi-Kertosono Resmi Naik. Ini Rinciannya

Dalam kesempatan Muhadjir berkunjung ke Kota Madiun, dirinya pun meninjau langsung lokasi tersebut bersama dengan Wali Kota Madiun H. Maidi.

Area bekas penjara zaman kolonial ini memang terkesan angker, meskipun sudah dibersihkan dan ditata kembali oleh pihak pemerintah setempat.

Pada kunjungannya, Muhadjir mengatakan bahwa kondisi dari penampungan isolasi mandiri itu memang belum layak. “Karena ini sudah viral saya ingin memastikan seperti apa kondisinya. Memang untuk sekarang ini menurut saya belum layak,” ungkapnya.

Kondisi bagian dinding gedung pun banyak yang sudah terkelupas dengan cat putih yang kusam tanda sudah lama tidak ada pengecatan ulang. Beberapa bagian tembok juga ditumbuhi lumut. Bagian lantai masih menggunakan dengan ubin lama.

Muhadjir juga menerangkan, berdasarkan laporan dari Wali Kota, Pemerintah Kota Madiun sebetulnya sudah menyiapkan lokasi isolasi lainnya, yaitu di asrama haji. Penyediaan RTM tersebut bertujuan bila daya tampung di asrama haji tidak mencukupi.

Baca Juga :  Perhatikan Formasi Sekolah Kedinasan 2021, Manakah Yang Berpeluang Besar?

“Lokasi ini sebagai alternatif terakhir kalau tempat karantina yang lain sudah penuh,” tutur Muhadjir.

Selain itu, rencananya RTM Madiun yang sudah ada sejak abad ke-18 ini akan dipugar kembali. Nantinya, ia akan dijadikan sebagai destinasi wisata sejarah.

Sebagai informasi, Polres Madiun Kota memetakan tiga titik penyekatan jalur bagi para pemudik yang akan masuk wilayah Kota Madiun, Jawa Timur, selama pelaksanaan Operasi Keselamatan hingga Operasi Ketupat berlangsung dalam momentum Lebaran 2021.

 

 

 

 

 

Pewarta : Naviska
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait