Warga Kota Kediri Peringati 152 Tahun, Jembatan Konstruksi Baja Tertua di Dunia - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
-Warga Kota Kediri Peringati 152 Tahun, Jembatan Konstruksi Baja Tertua di Dunia
STRAIGHT NEWS

Warga Kota Kediri Peringati 152 Tahun, Jembatan Konstruksi Baja Tertua di Dunia

Satukanal.com, Kediri – Ratusan warga dan para penggiat budaya Kota Kediri, melakukan kegiatan bersih-bersih Jembatan Lama atau Brug Over den Brantas te Kedir. Dalam rangka memperingati 152 tahun berdiri, sebagai penghubung lalu lintas di Kota Kediri.

Penggiat Budaya Imam Mubarok Muslim, mengatakan bangunan Jembatan Lama (Brug Over den Brantas te Kedir) menjadi satu-satunya konstruksi baja tertua di dunia. Sekaligus telah ditetapkan sebagai cagar budaya, jembatan lama ini menjadi bangunan bersejarah yang dimiliki kota Kediri.

“Jembatan ini merupakan jembatan bersejarah sebagai lalu lintas darat, yang dimiliki oleh Kediri. Belanda membangun jembatan ini pada tanggal 18 Maret tahun 1869,” kata Penggiat Budaya, yang akrab disapa Gus Barok ke Satukanal.com, Kamis 18 Maret 2021.

Baca Juga :  Meski Sepi, Pengunjung dan Tukang Ojek Berharap Wisata Gunung Kelud Dibuka Permanen

Dia juga mengungkapkan sejak di tutup pada tahun 2018 karena dinilai tidak layak beroperasi, maka tidak ada aktivitas kegiatan apapun di jembatan lama. Sehingga mengakibatkan beberapa titik berlubang dan mengkhawatirkan di sepanjang jalan jembatan.

Dari sudut pandang sejarah, dikatakan jembatan ini pernah menjadi saksi pernikahan Putri Yuliana Raja Belanda, pada tahun 1937. Bahkan pernah menjadi sasaran ledakan bom oleh Sekutu Jepang, namun berhasil digagalkan pada tahun 1942.

Baca Juga :  Kerugian Pemegang Polis Bumiputera Kanwil Kediri Hingga 1 Triliun

“Dan ini telah berjasa sejak tanggal itu 18 Maret 1869. Artinya dari sekian tahun tersebut, jembatan ini sangat berjasa,” jelasnya.

Selaku Penggiat Budaya, Gus Barok berharap akses jalan jembatan lama dapat kembali dibuka dan beroperasi. Meskipun bukan untuk kendaraan bermuatan besar, setidaknya kendaraan roda dua dan pejalan kaki dapat melintasi jembatan bersejarah Brug Over den Brantas te Kedir.

“Kedepan jembatan ini harap dibuka, untuk motor dan pejalan kaki. Agar dapat menikmati jalan dan menjadi bagian bersejarah jembatan lama,” tambahnya.

 

 

 

Pewarta : Anis Firmansah
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait