SATUKANAL.COM
Warga Kediri Dapat Melihat Fenomena 15 Tahun Planet Mars
Illustrasi foto Planet Mars dengan Bumi (Istimewa)
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Warga Kediri Dapat Melihat Fenomena 15 Tahun Planet Mars

SATUKANAL.com, KEDIRI – Hari ini Selasa 6 Oktober 2020, warga di Kabupaten Kediri dapat melihat langsung fenomena 15 tahun sekali, Planet Mars berada di titik paling dekat dengan bumi.

Ulfa Zulaikah, Ketua Astronomi Kediri Klub membenarkan adanya informasi di mana warga kediri bisa melihat planet mars. “Pada 6 Oktober 2020, Mars berada pada posisi terdekat dengan bumi, ini terjadi karena orbit planet berbentuk elips. Jadi sewaktu-waktu bisa bersinggungan pada jarak terdekat,” ucap Zulfa.

Ia mengungkapkan meskipun berada pada titik jarak terdekat, jaraknya masih sangat jauh kisaran 62,07 Juta Km.

“Meskipun posisi berada dalam posisi terdekatnya kita melihat masih sangat kecil, seperti bintang2 tapi kalau planet mars kita melihat dengan mata telanjang. Seperti bintang tapi tidak berkedip dan berwarna merah,” ungkapnya.

Baca Juga :  PT KAI Mulai Buka Pembelian Tiket Libur Panjang

Ia juga menjelaskan untuk mengamati Planet Mars ini sebenarnya dapat dilakukan setiap hari. Serta waktu pengamatan dapat dilakukan setelah matahari terbenam hingga sampai matahari terbit.

“Untuk melihatnya sendiri, sebenarnya setiap hari kita bisa melihat planet mars. Jadi tidak hanya hari ini saja. Hari ini jarak terdekat terlihat lebih besar dari sebelumnya, namun kalau dilihat memakai mata telanjang tidak tampak juga,” jelasnya.

Menurutnya fenomena ini akan berulang setiap 15 tahun sekali. Pengamatan yang dilakukan akan lebih efektif apabila menggunakan alat bantu Teleskop.

Baca Juga :  Situs Tunglur Candi Peribadatan Kerajaan Kediri

“Fenomena ini terjadi kemarin pernah terjadi pada tahun 2003 dan terjadi pada hari ini 6 Oktober, dan akan terjadi lagi pada september tahun 2035,” ucap Ulfa.

Dalam wawancara wartawan Satukanal.com, Ulfa juga menjelaskan masih belum ada kegiatan apapun dikarenakan Pandemi Covid-19, termasuk pengamatan bersama Planet Mars.

“Kita dari Komunitas Astronomi Kediri Club belum ada acara untuk Pemantauan Planet Mars ini. Masih menimbang karena ada pandemi dan beberapa tempat umum di Kabupaten Kediri juga belum dibuka,” pungkasnya.

 

Pewarta : Anis Firmansyah
Editor : Redaksi Satukanal

    Kanal Terkait