SATUKANAL.COM
Warga Kediri Kokedama
Arbai menata Kokedama Buatannya
ADVERTORIAL BERITA EKONOMI HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Warga Kediri Buat “Kokedama” Media Tanam Khas Jepang Berbahan Cocopeat dan Arang

SATUKANAL, KEDIRI – Warga Dusun Senowo, Desa Kencong, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri, berhasil mengembangkan pot tanaman hias Anggrek model Kokedama khas Jepang.

Warga Kediri Pot Kokedama model Kokedama tersebut yakni Arbai, ia sudah lama menekuni dan memahami media tanaman hias, dan kini ia berinovasi membuat model Kokedama yang lebih murah dan efisien.

Kerajinan media tanam model ini memang belum familiar dikalangan masyarakat. Kokedama sendiri sebenarnya berasal dari kata jepang yang berarti “Koke” yaitu lumut dan “Dama” yaitu bola, Kokedama asli berbentuk bulat seperti bola dan terbuat dari bulatan lumut hijau khusus.

Baca Juga :  Film Pendek "Pekik Sunyi Kemerdekaan" Besutan FilmMakker Asal Kota Kediri Raih Nominasi di Perlombaan Kemenkraft

Untuk kokedamanya, Arbai menyebut tidak terbuat dari lumut seperti kokedama Jepang. Namun kokedamanya terbuat dari Cocopeat yang berasal dari Sabut Kelapa dan Arang.

“Pembuatannya dengan cocopeat yang sudah dihancurkan lalu ditambah dengan arang, kemudian untuk bagian luarnya dilapisi dengan serabut kasar kulit kelapa, lalu dibuat bulatan.” jelas Arbai

Arbai juga mengungkapkan keuntungan pot buatannya itu lebih praktis dan perawatannya lebih mudah, serta terlihat lebih indah. “Keuntungan lainnya biaya pembuatan relatif murah, karena kita menggunakan limbah serabut kelapa.” Ungkapnya.

Baca Juga :  Dhito - Dewi Lakukan Test Kesehatan di RSSA Malang

Arbai melanjutkan, Pot buatannya sementara ini hanya digunakan untuk media tanam Anggrek.

“Untuk media anggrek ini baru di ujicoba sekitar satu setengah tahun lebih dan perkembangannya sudah cukup bagus, Ia mengungkapkan masih mengunggu berbunga.” katanya.

“Penggunaan media model Kokedama ini, hasilnya sama dengan anggrek dan bunga yang lain tidak ada perbedaan. Hanya saja yang membedakan media tanam dan perawatannya lebih mudah, kemudian tampilannya akan lebih menarik.” Pungkasnya.

 

Pewarta : Anis Firmansyah
Editor : Redaksi Satukanal

    Kanal Terkait