Warga Jombang Diimbau Tidak Melakukan Salat Ied di Masjid - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Warga Jombang Diimbau Tidak Melakukan Salat Ied di Masjid
Suasana ibadah di Masjid Jombang (Foto: Anggit Puji/ Satukanal.com)
BERITA Kanal Straight

Warga Jombang Diimbau Tidak Melakukan Salat Ied di Masjid

Satukanal.com, Jombang – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang mengimbau masyarakat tidak melakukan salat Idul Adha di masjid. Pasalnya, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat masih belum selesai.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jombang, Akhmad Jazuli mengatakan, masyarakat diharap mau merayakan hari raya kurban tahun ini di rumah, karena covid masih banyak menular di Kota Santri.

“Cukup takbiran dan salat sunnah Idul Adha di rumah saja. Tidak boleh ada takbir keliling dan kegiatan yang sifatnya menimbulkan kerumunan,” ucapnya saat dikonfirmasi wartawan, Senin (19/7/2021).

Jazuli juga menyebut imbauan itu juga tertera pada Surat Edaran (SE) Bupati Jombang, Nomor 100/427/415.10.1.3/2021 tentang Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Baca Juga :  Penjualan Orange Cake Terpuruk di Tengah Pemberlakuan PPKM

Surat edaran tersebut merupakan lanjutan regulasi dengan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 15 Tahun 2021 Tentang Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali.

“Semua sudah ada dalam undang-undang yang mengatur mengenai regulasi tersebut. Saya harap masyarakat bisa memaklumi dan bisa menjalankan aturan tersebut,” tambahnya.

Dalam Instruksi Menteri Menteri Dalam Negeri Nomor 18 Tahun 2021 dan Surat Edaran Menteri Agama Republik Indonesia tanggal 2 Juli 2021, Nomor : SE. 17 Tahun 2021 tentang Peniadaan Sementara Peribadahan Di Tempat Ibadah, Malam Takbiran, Salat Idul Adha dan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Qurban Tahun 1442 H/2021 M di wilayah Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Baca Juga :  Lonjakan Kasus Covid-19, Pemkab Kediri Tambah Ruang Isolasi Khusus OTG

Pria asal Mojokerto ini juga mengatakan supaya masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan. Meskipun sudah vaksin dan sebagainya masyarakat harus tetap waspada diri dan menjaga diri.

“Tetap tingkatkan disiplin protokol kesehatan agar semua terhindar dari wabah ini,” harapnya.

 

Pewarta: Anggit Puji 
Editor: Ubaidhillah 

Kanal Terkait