Wali Murid Keluhkan Akurasi Lokasi di PPDB Zonasi 2021 - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Masih Banyak Aduan, Ini jawaban Kadisdik Soal PPDB 2021
ilustrasi pelajar SMP (Foto: Kemendikbud/ Satukanal.com)
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

Wali Murid Keluhkan Akurasi Lokasi di PPDB Zonasi 2021

Satukanal.com, Malang – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2021 nyatanya masih menemui berbagai kendala. Kali ini, terjadi pada jalur zonasi SMP. Sejak dibuka pada Senin (14/6) lalu, beberapa calon wali murid mengeluhkan permasalahan tidak bisa mendaftar. Itu lantaran maps (peta lokasi) pada gawai mereka tak terdeteksi.

Seperti yang dialami oleh Yurida Nayza. Dia mengeluhkan anaknya tidak bisa mendaftar sekolah terdekat lantaran map tak terdeteksi. Padahal, tetangganya yang berjarak selisih 3 rumah mampu mendaftar.

“Permasalahan ini saya alami tak sekali, tahun lalu juga sama. Saat anak pertama sekarang anak kedua juga mengalami hal yang sama,” ujarnya.

Baca Juga :  Memprihatinkan! Jasad Bayi Ditemukan Mengapung di Jombang

Yurida menegaskan, titik koordinat maps miliknya sudah sesuai. Bahkan, sudah diatur pas rumah dengan sekolah terdekat. Dia yang ingin mendaftarkan anaknya ke SMPN 3 Kota Malang terpaksa menunggu hingga sistem kembali normal. Dia mengeluh kejadian tersebut juga masih kerap terjadi tiap tahun.

Hal yang sama juga diungkapkan calon wali murid lainnya. Calon wali murid mengeluhkan akunnya tak terdeteksi di google maps. Padahal, dia telah mengisi alamat sesuai KK. Dia menjelaskan kerap kali gagal saat mencoba mendeteksi maps.

Pria yang enggan disebutkan namanya tersebut mengeluhkan selama dua hari tidak mengakses lantaran maps tak terdeteksi. Dia pun berinisiatif datang ke posko pelayanan PPDB. Dia juga mengeluhkan sistem seperti ini terulang kembali. Bahkan terkesan tak ada persiapan.

Baca Juga :  PPKM Darurat, Pelaku UMKM di Kediri Kehabisan Modal

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Kota Malang Suwarjana SE MM mengatakan, permasalahan tersebut harus dilihat dulu penyebabnya. Sebab, zonasi yang digunakan adalah menarih garis lurus terdekat di google maps. Untuk itu, calon wali murid harus mengatur titik koordinat di peta.

“Hari ini (16/6) pendaftaran terakhir, masih ada kesempatan bagi calon wali murid merubah titik lokasi,” tegasnya.

 

 

Pewarta : Chosa Setya Ayu Widodo
Pewarta : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait