Wali Kota Malang : Saya Indonesia, Saya Pancasila | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Walikota Pimpin upacara
BERITA

Wali Kota Malang : Saya Indonesia, Saya Pancasila

Satuchannel.com, Kota Malang – Memperingati Hari Kelahiran Pancasila, Pemerintah Kota Malang pagi tadi menggelar apel di area Balai Kota Malang, Kamis (1/6). Pada kesempatan itu, Wali Kota Malang, H. Moch Anton juga menyampaikan slogan khas yang beberapa waktu lalu mulai didengungkan oleh Presiden Jokowi, yakni ‘Saya Indonesia, Saya Pancasila’.

Dalan kesempatan itu, Wali Kota yang kerap dipanggil Abah ini membacakan pidato pengantar sambutan dari Presiden Jokowi, dirinya menyebut Hari Kelahiran Pancasila untuk yang pertama kalinya digelar ini menjadi tonggak awal untuk dapat meningkatkan komitmen dan nilai-nilai luhur Pancasila itu sendiri.

“Pancasila lahir oleh tokoh nasional yang luar biasa, menjadi hal yang utama sehingga dapat menjaga kehidupan bangsa kita agar selalu damai,” tutur Abah.

Tak hanya itu, maraknya gerakan radikalisme yang akhir-akhir ini juga menjadi fokus perhatian. Menurutnya, lahirnya ideologi lain selain pancasila tersebut patut untuk dicurigai, pasalnya bangsa Indonesia dilahirkan dengan penuh keberagaman atau multikulturalisme. Dimana di dalamnya terdapat banyak sekali macam-macam suku, bahasa, agama, adat istiadat, serta golongan yang selama ini bersatu padu membangun Indonesia.

Baca Juga :  RUU Larangan Minuman Beralkohol, Sanksi Pidana 10 Tahun Bagi Penjual

“Semua elemen masyarakat dan seluruh jajaran birokrasi semestinya menjaga Pancasila. Keberagaman harus menjadi sebuah komitmen dalam penguatan Pancasila,” jelasnya.

Selain itu, melalui pidato yang disampaikan itu, dirinya menjelaskan bahwa radikalisme, terorisme, perang saudara, dan terorisme harus dibingkai dengan NKRI. Gotong royong untuk memajukan negeri melalui Pancasila harus tetap menjadi tonggak utama. Sebab Indonesia, selalu menjadi contoh perdamaian dari berbagai negara di dunia atas setiap keberagaman yang ada.

Maka dari itu, berbagai upaya meski digalakkan agar memperkuat pengalaman dan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari melalui program pembangunan hingga pemerataan kemiskinan. Tak hanya itu, nilai-nilai Pancasila harus terus ditopang dengan menggapai cita-cita bangsa. Secara bahu membahu seluruh anak bangsa bersatu untuk menyambung persatuan dan kesatuan.

Baca Juga :  Mengusung Tema “Pahlawanku Sepanjang Masa”, Ini Makna Logo Hari Pahlawan 2020

“Berjiwa gotong royong dan toleran, selalu menjadi Bangsa yang adil dan makmur,” tegasnya.

Diakhir pidatonya, Abah Anton berpesan, agar masyarakat dapat terus waspada pada gerakan yang tak sejalan dengan pancasila. Dan masyarakat senantiasa dapat menjaga perdamaian, persatuan, dan saudara Saling menghormati, toleran, dan membantu untuk bangsa Indonesia. Menjelang akhir pidatonya Wali Kota menegaskan sekali lagi slogan yang pertama didengungkan oleh Presiden yaitu,

“Saya Indonesia, dan Saya Pancasila,” pungkasnya.

Adapun dalam upacara kali ini diikuti oleh berbagai elemen pemerintahan, pendidikan, serta jajaran masyarakat. Mereka terlihat mengikuti dengan khusyu, upacara perdana ini berlangsung tanpa hambatan dan sukses sampai akhir. Upacara sendiri berakhir pukul 09.00 WIB pagi. (Iqb)

Kanal Terkait