Wali Kota Malang Pantau Titik Langganan Banjir, Sutiaji Himbau Masyarakat Turut Serta Atasi Banjir - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Wali Kota Malang Pantau Titik Langganan Bajir, Sutiaji : Buang Sampah Pada Tempatnya
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

Wali Kota Malang Pantau Titik Langganan Banjir, Sutiaji Himbau Masyarakat Turut Serta Atasi Banjir

Satukanal.com, Malang – Hujan deras yang akhir-akhir ini melanda wilayah Kota Malang, menyebabkan banjir di beberapa titik kawasan. Pada Rabu (06/01/2020) Wali Kota Malang Sutiaji, meninjau secara langsung beberapa kawasan yang sering menjadi langganan banjir.

Pada kunjungannya tersebut, Wali Kota Malang langsung melakukan penanganan dengan membuka beberapa saluran air di lokasi tersebut. Lokasi yang menjadi kawasan langganan bajir, terdapat di sepanjang Jl Soekarno-Hatta Malang.

Di musim hujan seperti saat ini, kawasan tersebut sering terendam air. Sehingga banyak dari warga Kota Malang yang melintasi kawasan tersebut, mengeluhkannya.

Pemerintah Kota Malang menyampaikan bahwa, Pembersihan saluran air di kawasan tersebut sering dilakukan. Namun pada saat musim hujan tiba, banjir di lokasi tersebut masih tetap terjadi.

Pada saat Sutiaji melakukan peninjauan kawasan tersebut, turut dihadiri pihak dari Satgas Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP).

Pihak Satgas DPUPRPKP langsung melakukan pembongkaran pada saluran air di kawasan tersebut. Pada saat pembongkaran saluran air di area Jl Soekarno-Hatta ini masih juga ditemu sampah yang menyumbat saluran air.

Baca Juga :  Level PPKM Kota Malang Turun, BOR Tinggal 22 Persen

Sutiaji menyampaikan bahwa, Pemerintah Kota Malang bersama dengan Dinas DPUPRPKP masih terus melakukan pencarian kenapa kawasan tersebut sering dilanda banjir.

“Air yang melimpah sampai ke Kedawung itu juga dari sini (kawasan Soekarno-Hatta). Makannya saat ini kami lihat ternyata ada yang tidak fungsi (drainase). Ada kurang lebih 50 meter tertutup total, oleh sampah dan sedimen,”Ujar Sutiaji.

Untuk mengatasi banjir dikawasan ini, Wali Kota Malang meminta agar pihak Satgar DPUPRPKP melakukan penambahan personil yang nantinya akan disebar di beberapa wilayah Kota Malang yang sering didapati banjir.

“Nanti per kecamatan ada dan setiap hari keliling, ya ngangkat sampah, sedimen. Karena kalau dilihat kesadaran masyarakat masih lama, perlu proses untuk membiasakan tidak buang sampah sembarangan, terus kotoran-kotoram dimasukkan ke drainase,” Ujar Sutiaji.

Pada Kunjungannya, Sutiaji menghimbau masyarakat agar turut serta dalam pelestarian lingkungan sekitar. Masyarakat dapat melakukan hal sederhana seperti, membuang sampah pada tempat sampah. Hal tersebut bertujuan agar banjir di beberapa kawasan Kota Malang tidak terjadi lagi dan saluran air pun tidak tersumbat oleh sampah-sampah dari masyarakat lagi.

Baca Juga :  Harga Melambung, Tomat Jadi Komoditas Penyumbang Angka Inflasi Kota Malang

Hadi Santoso selaku Kepala DPUPRPKP Kota Malang juga turut memamtau kawasan banjir tersebut. Ia menyampaikan bahwa, banjir yang terjadi di beberapa kawasan Kota Malang tersebut diluar prediksi. Sehingga, pihaknya akan terus berupaya untuk melakukan penanganan dan pembenahan secara bertahap.

“Di area Bakso Damas, di Cak Per, kemudian Ringin Asri, depan Carefour malah aman. Yang meluap malah yang di Jalan Kedawung. Makanya ini kami bersihkan di Jl Kedawung ke selatannya, ya ada hambatan aliran lah di sana,” Ujarnya.

Kepala DPUPRPKP Kota Malang juga menyampaikan bahwa, curah hujan lebat yang terjadi selama 2,5 jam nonstop kemarin cukup menjadi kewaspadaan. Hadi juga menghimbau kepada pengusaha maupun masyarakat umum yang akan mendirikan bangunan untuk tidak menutup saluran air. Sehingga, pembersihan sampah tetap dapat dilakukan oleh Satgas DPUPRPKP.

 

 

 

Pewarta : Naviska Rahmadani
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait