Pemkot Batu terus berupaya mensejahterakan anggota perlindungan masyarakat (linmas) di Kota Batu. Meskipun para linmas di Kota Batu itu sudah mendapatkan insentif,  Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko menginginkan kepedulian pemerintah desa.

Dewanti mengimbau kepada desa untuk menyisipkan berapa persen anggaran dana desa (DD) untuk linmas. Apalagi,  nominal DD yang diterima desa–desa di Kota Batu cukup tinggi.

“Desa ini dapatnya banyak ADD dan DD kalau ditotal  kurang lebih sampai Rp 8 miliar untuk setiap desa. Jadi, mari kita sejahterakan linmas,” ungkap Dewanti.

Baca Juga :  Daur Ulang Sampah Jadi Produk Bernilai Ekonomi, Strategi DLH Kota Batu Tekan Volume Sampah Hingga 25 Persen

Wali kota mengupayakan agar linmas disejahterakan lantaran mempunyai peran yang cukup strategis. Linmas juga punya tanggung jawab yang cukup besar di masyarakat desa.

“Untuk itu, sudah layak jika satlinmas mendapatkan sisipan anggaran dari dana desa,” imbuhnya.

Selama ini, Pemkot Batu terus berupaya maksimal dengan memberikan insentif bulanan dan uang saku setiap ada kegiatan. “Memang (insentif) linmas di Kota Batu sudah ada. Mereka mendapat insentif Rp 150 ribu dan uang saku Rp 50 ribu setiap ikut kegiatan,” tambah istri Eddy Rumpoko ini.

Baca Juga :  Mengenal Bantengan, Kesenian Tradisional Asal Kota Batu Yang Kental Akan Unsur Mistisnya

Dewanti  pun berharap agar imbauan itu dapat diwujudkan di setiap desa di Kota Batu. Sehingga anggaran insentif linmas itu bisa bertambah.