Wajib Swab PCR atau Antigen, Ini Aturan Lengkap Peserta SKB CPNS yang Perlu Diketahui! - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Temuan Kecurangan CPNS di Kemenkumham, Hasil SKD Diundur
Tes SKD CASN Kediri (Foto: Anis Firmansyah/Satukanal.com)
BERITA Kanal Straight

Wajib Swab PCR atau Antigen, Ini Aturan Lengkap Peserta SKB CPNS yang Perlu Diketahui!

Satukanal.com, Nasional– Aturan pelaksanaan seleksi kompetensi bidang calon pegawai negeri sipil (SKB CPNS) 2021 telah dirilis oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Dilansir dari situs resmi BKN, aturan tersebut dimuat dalam surat bernomor 14334/B-KS.04.04/SD/E/2021 tentang Penyampaian Jadwal Seleksi Kompetensi Bidang CPNS Tahun 2021 dan diunggah pada 10 November 2021, dengan tanda tangan Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN Suharmen.

Disebutkan dalam informasi tersebut bahwa peserta wajib melakukan swab test RT-PCR atau antigen dengan hasil negatif/non reaktif. Untuk waktu pengambilan sampel swan test RT-PCR dapat dilakukan maksimal 3×24 jam. Sedangkan, untuk antigen maksimal 1×24 jam.

Baca Juga :  Cara Ampuh Basmi Nyamuk di Rumah Saat Musim Hujan Tiba

Sama seperti saat seleksi kompetensi dasar (SKD), peserta seleksi kompetensi bidang (SKB) pun diwajibkan mengisi deklarasi sehat dan menerapkan protokol kesehatan (prokes) dengan ketat. Lantas, apa saja aturan SKB CPNS yang harus dipenuhi sesuai dengan poin 8 yang tertera di surat? Berikut ulasannya:

  1. Melakukan swab test RT PCR kurun waktu maksimal 3×24 jam atau rapid test antigen kurun waktu maksimal 1×24 jam dengan hasil negatif/non reaktif yang pelaksanaannya wajib sebelum mengikuti SKB
  2. Menggunakan masker tiga lapis (3 ply) dan ditambah masker kain di bagian luar (double masker) dan menjaga jarak minimal satu meter
  3. Cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer
  4. Ruang kegiatan maksimal diisi 30 persen dari kapasitas normal ruangan tempat pelaksanaan SKB yang akan dilakukan.
  5. Saat pelaksanaan seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS lalu, peserta di Jawa, Madura Bali, juga diminta telah mendapatkan vaksinasi minimal dosis pertama.
Baca Juga :  Siap Meluncur di Indonesia, Ini Teknologi Baru Oppo A95

Sebagai informasi, adapun formulir deklarasi sehat bagi peserta SKB CPNS bisa diakses melalui laman sscasn.bkn.go.id. Pengisian dilakukan dalam waktu 14 hari sebelum mengikuti ujian dan paling lambat sehari sebelum ujian. Formulir ini juga wajib dibawa ketika pelaksanaan seleksi dan ditujukan kepada petugas yang bersangkutan.

 

 

Pewarta : Adinda

Kanal Terkait