SATUKANAL.COM
Wajib Kenakan Masker
BERITA HIGHLIGHT ISU PILIHAN

Wajib Kenakan Masker Saat Keluar Rumah, Ini Imbauan Satgas Covid-19

SATUKANAL – Wajib Kenakan Masker Saat Keluar Rumah. Persoalan penggunaan masker sebelumnya banyak diperdebatkan. Namun kini, semua orang diharap mengenakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

Sebelumnya, masyarakat yang sehat diimbau untuk tidak menggunakan masker. Hal itu seperti yang disampaikan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto.

Imbauan itu juga sesuai dengan standar dari Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organizations/WHO). Namun belakangan, WHO meralat imbauan tersebut.

Masifnya penyebaran Coronavirus penyebab penyakit Covid-19 membuat semua orang mesti waspada. Salah satunya dengan mengenakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

Wajib Kenakan Masker Saat Keluar Rumah, Ini Imbauan Satgas Covid-19

”Mulai hari ini, sesuai rekomendasi WHO kita pakai masker untuk semua. Semua harus menggunakan masker,” kata Juru Bicara Penanganan Covid-19 di Indonesia, dr Achmad Yurianto pada konferensi pers di Gedung BNPB, Jakarta, Minggu (5/4/2020).

Meski demikian, masyarakat tak perlu menggunakan masker bedah atau masker N95. Sebab, jenis masker tersebut hanya untuk tenaga kesehatan yang merawat pasien Covid-19.

Baca Juga :  Persik Usul Operator Liga 1 Diganti

Sementara untuk masyarakat bisa menggunakan masker kain sebagai pencegahan.

dr. Yuri pun menjelaskan aturan pemakaian masker kain. Ia menyampaikan, masker kain dipakai tidak lebih dari 4 jam. Setelah itu harus dicuci dengan menggunakan sabun.

”Masker kain bisa dicuci. Kami menyarankan penggunaan masker kain tidak lebih dari 4 jam. Kemudian direndam di air sabun kemudian dicuci. Ini upaya kita dalam mencegah penularan di samping cuci tangan dengan sabun minimal 20 detik,” paparnya.

Sebagai tambahan, pasien Covid-19 yang sembuh per Minggu (5/4/2020) bertambah 14 orang, sehingga total pasien sembuh ada 164 orang.

Sementara update pasien konfirmasi positif per 5/4/2020 bertambah 181 orang sehingga total 2.273 pasien positif Covid-19. Sedangkan pasien meninggal bertambah 7 orang sehingga total 198 pasien meninggal.

”Ini gambaran yang kita yakini bahwa di luar masih terjadi penularan. Masih ada kasus positif tanpa gejala yang ada di tengah-tengah kita, masih ada sebagian dari kita yang tidak menyadari bahwa kita rentan tertular, sehingga masih ada yang belum berjaga jarak, masih belum memakai masker, belum rajin dan disiplin cuci tangan dengan sabun,” tandasnya.

Baca Juga :  Dinas Perdagangan Kabupaten Kediri Terapkan Standar Prosedur Covid-19 di Pasar Tradisional

Di Indonesia, Menteri Kesehatan Terawan Agus sebelumnya pernah menyatakan bahwa masker hanya digunakan oleh mereka yang sakit. Orang yang sehat tak perlu memakainya.

Akan tetapi, Senin (22/3/2020), Terawan tampak memakai masker lengkap dengan sarung tangan saat menyambut kedatangan alat kesehatan dari China yang tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta. Ia mendampingi Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, yang juga memakai masker dan sarung tangan.

Dan kini, Kementerian Kesehatan melalui , meminta semua masyarakat untuk memakai masker. Terutama jika keluar rumah, untuk mencegah penularan Covid-19.

WHO memang mengubah kebijakan dan mendukung penggunaan masker untuk semua orang di tengah penyebaran pandemi Covid-19.

Sebelumnya, WHO merekomendasikan penggunaan masker hanya untuk orang sakit dan orang yang merawat pasien.

Redaktur: N Ratri

Kanal Terkait