Wah! Daftar JKN KIS kini Bisa Lewat Telepon | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Alur Pendafataran BPJS (Iqbal)
BERITA

Wah! Daftar JKN KIS kini Bisa Lewat Telepon

Satuchannel.com, Kota Malang – Bagi masyarakat Kota Malang yang ingin mendaftarkan diri sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional dan Kartu Indonesia Sehat (JKN – KIS) kini tak perlu repot lagi menunggu antrean panjang. Pasalnya, BPJS baru baru ini merilis mekanisme untuk pendaftaran tersebut dengan hanya melalui via telpon saja, yaitu lewat BPJS Kesehatan Care center dan Virtual Service, Senin (15/5).

Hendry Wahyuni, selaku Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Malang menyampaikan, saat konferensi pers hari ini di Kantor BPJS Kesehatan yang berada di Jalan Tumenggung Surya No 44 Malang, bahwa melalui mekanisme baru ini, BPJS kesehatan bermaksud mengembangkan strategi kemudahan bagi masyarakat yang memiliki keterbatasan waktu atau menginginkan kemudahan dalam mendaftarkan diri dan anggota keluarganya sebagai peserta JKN – KIS.

“BPJS kesehatan terus mengembangkan beberapa terobosan dan inovasi serta meningkatkan mutu pelayanan serta mempercepat cakupan kepersertaan,” tuturnya.

Baca Juga :  Hanindhito Himawan Pramono, Mengunjungi Usaha Industri Krupuk di Ngadiluwih

Dirinya juga menerangkan, jika mekanisme pendaftaran melalui kanal telepon ini hanya diperuntukan bagi Peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan peserta mandiri.

“Salah satunya adalah pendaftaran peserta PBPU atau peserta mandiri dan peserta bukan pekerja. Peserta juga dapat melakukan perbaikan atau perubahan data kepesertaan untuk nama, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin, nomor KK, NIK, alamat, email, nomor telepon, kelas rawat dan fasilitas kesehatan tingkat pertama. Namun ini masih untuk peserta PBPU atau peserta mandiri,” jelasnya.

Hendry memaparkan sejumlah berkas yang harus dilengkapi saat melakukan pendaftara melalui telepon. Adapun berkas-berkas tersebut ialah Nomor KK, Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Rekening Tabungan, Nomor Handphone, Alamat Domisili atau tempat tinggal, dan alamat email. Beberapa hal itu yang nantinya juga akan ditanyakan oleh petugas Care Center.

Setelah pendaftaran melalui telpon dinyatakan selesai, Nomor Virtual Account (VA) selanjutnya akan dikirim ke nomor ponsel atau email calon peserta. Setelah peserta memiliki nomor VA, maka diwajibkan baginya untuk membayar iuran pertama yang harus dibayarkan paling cepat 14 hari dan paling lama 30 hari setelah VA diterbitkan.

Baca Juga :  Hanindhito Himawan Pramono, Mengunjungi Usaha Industri Krupuk di Ngadiluwih

Selai itu untuk diketahui, kanal BPJS Care Center terbaru ini juga menyediakan layanan tanya dokter melalui metode teleconsulting, dimana peserta dapat melakukan konsultasi kesehatan kepada dokter umum yang siap memberikan informasi kesehatan yanh dibutuhkan. Harapanya dengan itu, masyarakat dapat merasakan pelayanam yang mudah.

“Peserta PBPU dan mandiri bisa langsung mendaftar melalui telepon sejak senin ini (15/5), dan prosesnya untuk itu, sangatlah mudah,” pungkasnya Hendry. (Iqb)

Kanal Terkait