Warga di Blitar Sulap Sungai Kumuh Jadi Kolam Ikan - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Sekelompok Warga Sulap Sungai Kumuh jadi Kolam Ikan
Warga sedang memancing di sungai kumuh yang sudah disulap jadi kolam ikan (Foto: Gilang Bahtiar/ Satukanal.com)
BERITA Kanal Straight

Warga di Blitar Sulap Sungai Kumuh Jadi Kolam Ikan

Satukanal.com, Blitar – Sekelompok Warga Di Kelurahan Sentul, Kecamatan Kepanjenkidul, Kota Blitar menyulap sungai kumuh di lingkungan setempat menjadi kolam ikan. Selain untuk daya tarik wisata, lokasi kolam digunakan sebagai upaya mendongkrak perekonomian warga ditengah pandemi.

 

Budiono Ketua RT Kelurahan Sentul mengatakan, ide pembuatan kolam ikan di sungai ini muncul dari keprihatinan warga saat melihat banyaknya sampah yang menumpuk di sungai.

Baca Juga :  Kapolres Blitar: Tiga Pelaku Pemerasan yang Mengaku Wartawan dan Polisi Ternyata Seorang Residivis

Untuk membersihkan sungai dari sampah, warga kemudian berinisiatif menjadikan sungai sebagai kolam ikan, agar tidak menjadi tempat pembuangan sampah.

“Setelah dibersihkan secara gotong royong, warga lalu melepas ribuan ikan koi dan ikan nila. Agar air tetap bersih warga memasang filter ipal pengelolaan limbah,” kata Budiyono, Senin (27/09/2021).

Budiono menambahkan, selain memasang ipal agar tetap terjaga air bersihnya, warga juga memasang jaring besi untuk penyaring agar ikan tidak hilang karena hanyut terbawa arus sungai.

Baca Juga :  Ringankan Beban Psikologis, Anak Yatim Korban Covid-19 di Blitar Mendapat Trauma Healing

“Ribuan ikan yang di pelihara di sungai ini, nantinya sebagai edukasi destinasi wisata sekaligus untuk menambah perekonomian warga ditengah pandemi covid 19″.

 

Pewarta: Gilang Bahtiar
Editor: Ubaidhillah 

Kanal Terkait