Wadahi Para Seniman, Upaya Pemkab Wujudkan Kabupaten Malang Spirit Unity In Diversity - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Wadahi Para Seniman, Upaya Pemkab Wujudkan Kabupaten Malang Spirit Unity In Diversity
BERITA

Wadahi Para Seniman, Upaya Pemkab Wujudkan Kabupaten Malang Spirit Unity In Diversity

Satukanal.com, Malang Pemerintah Kabupaten Malang (Pemkab) terus berupaya untuk memberikan dukungan dan wadahi para Seniman, ditengah pandemi Covid-19 yang belum usai.

Salah satu upaya tersebut dilakukan dengan menyelenggarakan kegiatan Musyawarah Seniman Kabupaten Malang (MSKM) 2021, yang diselenggarakan di Pendopo Malang Kepanjen.

Pada gelaran MSKM 2021 ini juga tampak di hadiri Bupati Malang Sanusi yang turut andil memberikan sambutan. Pada sambutannya, Sanusi menyampaikan, agar para Seniman di Kabupaten Malang dapat berkembang di tengan pandemi Covid-19.

“Ini nanti kami upayakan agar para seniman ini berkembang dan apa yang menjadi Kebutuhan dan mendorong mereka berkembang akan kami upayakan melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud),” ujar Sanusi.

Dalam agar para seniman ini berkembang, Bupati Sanusi telah mempersiapkan beberapa kiat khusus. Salah satunya dengan menyelenggarakan pembinaan kepada para Seniman.

“Ini kami upayakan melalui pembinaan dan inisiasi event-event yang melibatkan seniman,” ungkapnya.

Sanusi juga menyampaikan, terkait bantuan kepada para Seniman, memang pada tahun ini masih belum ada. “Selama pandemi kemarin iya, tapi saat ini masih belum. Kami lihat perkembangan berikutnya,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Sanusi pada penjelasannya juga masih belum memperbolehkan masyarakat Kabupaten Malang untuk menyelenggarakan pagelaran seni atau pameran seni.

Baca Juga :  9.998 Keluarga Bakal Terima Bantuan Sosial Tunai

Hal tersebut dilarang karena nantinya akan menimbulkan keramaian. Sehingga, juga dapat dimungkinkan terciptanya klaster baru penularan Covid-19.

“Yang mengundang orang banyak tetep gak boleh,” ujar Sanusi.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) Kabupaten Malang, Made Arya Wedanthara mengatakan, jika kegiatan ini juga merupakan sinergitas seluruh potensi di Kabupaten Malang.

“Ini memang bagaimana kita mengkolaborasikan semua potensi. Seperti yang disampaikan Pak Bupati bahwa ini adalah momen kita untuk saling bersinergi dan mendukung potensi Kabupaten Malang setelah era Pandemi Covid-19,” jelasnya.

Made Arya juga mengatakan jika musyawarah ini adalah langkah awal seandainya nanti pemerintahan pusat sudah mulai memberikan lampu hijau dilakukannya pagelaran seni atau pameran.

“Menuju kesitu (event), kita kan kiblatnya pusat apakah sudah bulat atau belum, kalau belum kita siapkan personil kita mulai SDM (Sumber Daya Manusia) dan organisasi yang ada. Jadi, menjelang pasca Covid-19 ini bisa tahu apa yang harus dilakukan,” pungkasnya.

Perlu diketahui bahwa sebelumnya Disparbud Kabupaten Malang telah sukses melaksanakan pagelaran seni melalui daring. “Kemarin kami sudah undang per Korwil untuk melakukan event virtual. Meskipun tidak mengena ke semuanya, tapi setidaknya ada beberapa yang bisa tampil” ujarnya.

Baca Juga :  Minimal Satu Safe House Tiap Kecamatan, Kurangi Okupansi RS

Untuk kedepannya pihak Disparbud bidang budaya akan menggelar beberapa kegiatan yang sekirannya dapat membantu support pada Seniman di Kabupaten Malang, meskipun telah dilakukan secara virtual.

“Sehingga kedepannya dewan kesenian bisa berevent setiap tahun,” sambungnya.

Setelah gelaran Musyawarah Seniman Kabupaten Malang usai, Disparbud akan membagi kelompok seniman ini kedalam 7 Korwil, dan masing-masing Korwil ini nanti harus menguati prioritas mereka masing-masing baik dari seni tari maupun musik.

Dengan demikian, nantinya setiap wisatawan baik dalam negeri maupun luar negeri dapat melihat wajah Kabupaten Malang yang di dalamnya terbangun spirit Unity In Diversity, berbeda tetapi tetap satu jua.

Adanya keberagaman seni dan budaya, apabila dapat dikelola dengan baik maka akan menjadi potensi pariwisata yang sangat besar sekaligus menjadi modal dalam upaya mempercepat akselerasi pembangunan masyarakat.

Sebagai informasi, jika di Kabupaten Malang sendiri sudah ada lebih dari 100 seniman tari dan lebih dari 50 sanggar tari. Dalam acara ini dihadiri oleh Jajaran Kepala OPD Kabupaten Malang, Ketua Panitia Seniman Kabupaten Malang Drs. Teguh Pramono M.Pd , Seniman dan Budayawan Kabupaten Malang.

 

 

Pewarta : Naviska
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait