Wacana Pemekaran Daerah Berhembus, Ini Tanggapan Wawali Batu | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Punjul Santoso (Swandy)
BERITA

Wacana Pemekaran Daerah Berhembus, Ini Tanggapan Wawali Batu

Satuchannel.com, Kota Batu – Terkait wacana pemekaran wilayah di Kota Batu dan Kabupaten Malang ditanggapi secara dingin oleh Wakil Walikota (Wawali) Batu, Punjul Santoso.

Ditemui di Balaikota Batu, Jum’at (9/6) Punjul menyatakan pemekaran wilayah ini bisa di internal Kota Batu. Sebagai contoh misal jika Kelurahan Sisir dimekarkan menjadi dua. Sebagaimana wacana yang pernah ia gulirkan dahulu.

“Penduduk di Kelurahan Sisir ini kan mencapai 23.000. Secara anggaran yang didapat satu kelurahan kan harus dibagi 23.000 warganya, jadi rataan anggaran per individu minim. Bila dipecah dua misalnya Sisir Utara dan Sisir Selatan maka penduduk dapat di-cover anggaran.” tambah pria yang juga Politisi PDIP ini.

Ia menambahkan idealnya sebagai kotamadya memiliki 4 kecamatan, sementara Kota Batu memiliki 3 kecamatan. Di Kota Batu terdapat beberapa daerah yang dapat dimekarkan di antaranya Temas, Ngaglik, dan Torongrejo.

Namun lanjutnya, pemekaran tersebut disesuaikan topografi, keinginan masyarakatnya dan persetujuan pemerintah, serta pengkajian yang mendalam.

Terkait ada wacana, daerah di Kabupaten Malang bergabung bersama Kota Batu, Wakil Walikota pemenang Pilwali 2017 ini menyatakan tidak perlu dipermasalahan.

“Yang penting masyarakatnya setuju, DPRD, dan Pemerintah Daerah-nya setuju. Namun kita juga lihat nantinya, Kota Batu masih menjadi kota saja atau kabupaten.” lanjutnya

Ia menuturkan bila masyarakat Kasembon dan Ngantang mengurus administrasi misalnya KTP melalui 2 kepala daerah karena akses dari pusat pemerintahan cukup jauh.

“Bila APBD 3 Triliun, namun pelayanannya kurang maksimal karena kendala luas dan jarak kan kasihan warga juga.” ungkapnya.

Bagaimanapun Pemkot Batu harus siap bila ada pemekaran, tinggal bagaimana pengkajian di Bappeda dan provinsi terkait untung rugi dan kesejahteraan masyarakat bila ada pemekaran wilayah. (Swandy)

Kanal Terkait