Wabup Malang Sanusi : Festival Budaya Gondanglegi Bukan Hanya Tentang Atraksi Pariwisata Tapi Bentuk Kebersamaan Rakyat - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
BERITA

Wabup Malang Sanusi : Festival Budaya Gondanglegi Bukan Hanya Tentang Atraksi Pariwisata Tapi Bentuk Kebersamaan Rakyat

Festival Budaya Gondanglegi telah menginjak usia ke-7 di tahun 2018 ini. Berawal dari even karnaval dalam skala warga Gondanglegi yang dilakukan seadanya, Festival Budaya Gondanglegi ini terus bermetamorfosis dan menjelma menjadi sebuah gelaran yang mampu menyedot antusias penonton sampai puluhan ribu orang. Baik dalam daerah maupun dari luar kota. Peserta festival budaya Gondanglegi pun semakin membeludak dengan menampilkan berbagai atraksi ciamiknya.

Tercatat, penonton dalam dan luar daerah dalam acara tahunan masyarakat Gondanglegi tersebut mencapai lebih dari 50 ribu orang. Dengan peserta sebanyak 27 kelompok dan 7 tamu kehormatan. Setiap kelompok yang mengikuti Festival Budaya Gondanglegi yang ke-7 ini mencapai 100 orang.

Gebyar Festival Budaya Gondanglegi bahkan telah tercatat menjadi agenda tahunan pariwisata skala nasional. Seperti yang pernah disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) kabupaten Malang Made Arya Wedanthara.

Wakil Bupati (Wabup) Malang HM Sanusi pun terpesona dengan Festival Budaya Gondanglegi. Dirinya menyatakan, bahwa festival budaya Gondanglegi yang menyedot puluhan ribu penonton dan ribuan peserta, bukan sekedar atraksi pariwisata saja.

“Tapi ini merupakan wujud dari kebersamaan dan partisipasi masyarakat yang patut diapresiasi. Sinergi antara masyarakat dan pemerintahan terlihat bagus dalam acara tahunan ini,” kata Sanusi Wabup  Malang, Kamis (20/12/2018) yang membuka acara tersebut.

Baca Juga :  Mahasiswa UB Olah Limbah Kulit Durian Jadi Krim Atasi Jerawat

Wujud kebersamaan dan gotongroyong dalam menyukseskan suatu kegiatan dengan skala besar tersebut, merupakan nilai-nilai luhur yang harus terus dijaga dan dikembangkan dalam masyarakat. Pasalnya, dengan nilai-nilai luhur tersebut, seluruh pembangunan di Kabupaten Malang akan berjalan di jalur yang tepat, benar dan berhasil guna bagi kepentingan masyarakat banyak.

“Dan Saya lihat semangat itu terpancar begitu kuat di Gondanglegi. Semoga kebersamaan dan partisipasinya dapat dipertahankan. Baik dalam wujud festival yang mengusung keragaman budaya lokal, maupun dalam lingkup yang lainnya,” ujar Sanusi.

Di sisi atraksi wisata, festival budaya Gondanglegi pun memiliki potensi besar untuk menguatkan Kabupaten Malang sebagai jantungnya Jawa Timur (Jatim). Kreativitas masyarakat Gondanglegi telah mampu melahirkan sebuah terobosan dahsyat dalam konteks pariwisata. Hal ini terbukti dengan membeludaknya masyarakat dalam perhelatan akbar festival tersebut.

“Dampaknya jelas bisa menaikkan kunjungan wisatawan. Ini sudah sangat layak jual dalam pariwisata. Saya berharap terus kembangkan kreativitasnya sehingga semakin menarik dan menghibur,” imbuh Sanusi.

Baca Juga :  Prodi Seni Rupa UB Gelar Pameran Seni pada 15-17 Oktober 2021

Animo masyarakat dalam menyaksikan festival budaya Gondanglegi, disampaikan secara langsung oleh Camat Gondanglegi Tatok Irawanto. Dirinya menyampaikan, masyarakat dari luar daerah yang akan menonton telah datang sebelum festival di gelar hari ini.

“Mereka bahkan rela menginap untuk menyaksikan festival ini. Jalanan pun dari kemarin malam sudah macet dan padat sampai acara berlangsung,” ucap Tatok.

Animo yang sangat besar tersebut, secara langsung juga berimbas pada perputaran roda ekonomi di wilayahnya. Dengan kisaran 50 ribu lebih penonton dalam festival budaya yang kemasannya semakin baik dari tahun-tahun lalu. Masyarakat Gondanglegi sampai luar daerah yang berjualan meraup keuntungan terbilang besar.

“Ramai sekali orang berjualan segala jenis kebutuhan. Dan semuanya laris manis terjual. Luar biasa sekali event masyarakatnya Gondanglegi ini. Saya pribadi sangat bangga dengan festival ini,” ujar Tatok yang juga membenarkan pernyataan Sanusi.

“Ini memang bisa menjadi asset pariwisata Kabupaten Malang. Tapi yang juga lebih penting adalah wujud nyata dari kebersamaan masyarakat dalam kebersamaan dan gotong royong menyukseskan acara ini,” imbuhnya.

Kanal Terkait