Viral Dua Pengendara Langgar Lalu Lintas, Memang Disengaja Dishub Kabupaten Kediri - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Viral Dua Pengendara Langgar Lalu Lintas, Memang Disengaja Dishub Kabupaten Kediri
Kanal Straight

Viral Dua Pengendara Langgar Lalu Lintas, Memang Disengaja Dishub Kabupaten Kediri

SATUKANAL.com, KEDIRI – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kediri mengaku dengan sengaja menyebar luaskan rekaman video Area Traffic Control System (ATCS) di akun media sosial (medsos) resmi. Hal tersebut dilakukan, sebagai peringatan awal melalui medsos agar para pengguna jalan berhati-hati dan mematuhi peraturan lalu lintas.

Diketahui rekaman video ATCS, sejumlah dua orang pengendara bermotor yang tidak menghiraukan himbauan peringatan protokol kesehatan Covid-19 melalui Loud Speaker, yang telah terpasang di Traffic Light Simpang Tiga Katang.

“Ini warning awal di medsos. Kemarin pengendara sangat bandel, tapi biasanya kalau pengendara lain, bila diingatkan, dengan sendirinya mencari masker. Seperti 2 atau 3 bulan lalu, langsung mikir dan bertindak,” kata Kabid Lalulintas Hari Wahyu Jatmiko, saat dikonfirmasi satukanal.com, di ruang kerja Kantor Dishub Kabupaten Kediri, Jumat 19 Maret 2021.

Baca Juga :  Pemkab Kediri Wajibkan Transaksi non Tunai untuk APBD

Dia juga mengungkapkan kejadian seperti itu sering terjadi, namun melalui Loud Speaker ATCS petugas melakukan himbauan. Pengadaan monitoring ATCS dari ruang kantor (CCRoom), telah dilakukan sejak tahun 2020.

Selain lokasi kejadian di Traffic Light Simpang Tiga Katang, sejak tahun 2020 pihaknya juga telah memasang 2 titik ATCS lain di Simpang Tiga Tepus dan Simpang Empat Paron. Selain itu ditambahkan juga di areal Simpang Lima Gumul (SLG).

Baca Juga :  Bupati Kediri Pecat Pemain Persedikab, Jika Ketahuan Terlibat Mafia Bola

“Pemasangan ATCS digunakan untuk memantau volume kendaraan. Bahkan membantu pihak kepolisian, mengungkap kejadian-kejadian kejahatan maupun tabrak lari,” tegas Hari.

Lebih lanjut, direncanakan ATCS akan digabungkan dengan sistem E-Tilang milik instansi kepolisian. Dengan melakukan kerjasama tersebut, diharapkan akan mengurangi berbagai pelanggaran lalu lintas.

“Karena sistem E-Tilang belum berlaku. Mungkin dalam waktu dekat Polres Kediri akan menyiapkan segala sesuatunya. Termasuk dengan Dishub, selaku yang punya aset,” tutupnya.

 

 

 

Pewarta: Anis Firmansah
Editor: Redaksi Satukanal

    Kanal Terkait