Video Viral Pria Menendang Sesajen Semeru, Kini Terungkap Sosoknya
SATUKANAL.COM
video sesajen semeru
Pria buang dan tendang sesajen di Gunung Semeru (Foto: Suara.com)
BERITA Kanal Viral

Video Viral Pria Menendang Sesajen Semeru, Kini Terungkap Sosoknya

Satukanal.com, Nasional– Video pria menendang sesajen di kawasan Gunung Semeru Jawa Timur viral di media sosial. Akibatnya, pria itu pun diburu oleh polisi.

Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Artanto mengatakan, pria tersebut beriisial HF.

Dia diketahui merupakan warga asal Dusun Dasan Tereng, Tirtanadi, Kecamatan Labuhan Haji, Lombok Timur.

“Betul yang bersangkutan adalah HF warga Labuan Haji Lombok Timur, yang bersangkutan sedang sekolah di Yogya,” kata Artanto dikutip dari kompas.com.

Meski demikian, Artanto menyebutkan, HF saat ini sudah lama tidak berada di Lombok. Hal itu diketahui saat polisi menemui keluarga pria tersebut untuk mengecek keberadaan HF.

HF, kata dia, sempat melanjutkan pendidikan ke Yogyakarta.

“Kami sudah mendatangi pihak keluarga di Labuhan Haji, Lombok Timur, dan menurut keterangan keluarga sejak Aliah, yang bersangkutan melanjutkan pendidikan di Yogya dan melanjutkan S1 di Yogya,” katanya

Baca Juga :  Menikah Hari Ini, Ini Potret Park Shin Hye dan Calon Suami

Artanto mengatakan, kasus penyelidikan dan penyidikan ditangani oleh Polda Jawa Timur. Sedangkan Polda NTB hanya mem-back up.

Sementara ity, Kapolres Lumajang AKBP Eka Yekti Hananto Seno mengungkapkan, pria tersebut bisa terancam dijerat Pasal 156 KUHP tentang ujaran kebencian dan penghinaan terhadap suatu golongan.

“Ancamannya penjara empat tahun,” kata Eka, dikutip dari kompas.com Selasa (11/1/2022).

Diberitakan sebelumnya, video yang memperlihatkan seorang pria menendang dan membuang sesajen di lokasi erupsi Gunung Semer tersebar luas di sejumlah platform, mulai Twitter hingga Instagram.

Baca Juga :  Bukan Hanya Mata, Organ Tubuh Ini Juga Bisa Didonorkan

Rekaman tersebut kemudian memancing komentar beragam dari warganet. Kabar tersebut bermula ketika video itu diunggah oleh akun Twitter @setiawan3833 pada Sabtu (8/1/2022).

Dalam video tersebut, tampak seorang pria berjenggot dan berpeci membuang serta menendang sesajen di lokasi erupsi Semeru Kabupaten Lumajang.

Terdengar pula suara laki-laki yang membuang dan menendang makanan diduga sesajen ruwatan itu mengatakan bahwa sesajen sesuatu yang mengundang murka Sang Pencipta hingga menimbulkan azab bencana.

Sebagai informasi, tradisi ruwatan biasanya dilakukan warga untuk memohon keselamatan dari bencana usai erupsi Gunung Semeru.

“Ini yang membuat murka Allah, jarang sekali disadari bahwa inilah yang mengundang murka Allah hingga menurunkan azabnya,” kata lelaki dalam video tersebut. (Adinda)

Kanal Terkait