Varian Baru Virus Corona B.1.1.7 Muncul di Indonesia, Masyarakat Diminta Kurangi Mobilitas - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Varian Baru Virus Corona B.1.1.7 Muncul di Indonesia, Masyarakat Diminta Kurangi Mobilitas
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

Varian Baru Virus Corona B.1.1.7 Muncul di Indonesia, Masyarakat Diminta Kurangi Mobilitas

SATUKANAL.com, NASIONAL– Varian baru virus corona B.1.1.7 teridentifikasi mengjangkit dua orang WNI dari luar negeri. Pengawasan dan evaluasi atas penyebaran B.1.1.7 di Indonesia dilakukan dengan memperketat pemeriksaan di pintu masuk Indonesia dan melakukan penelusuran.

Atas hal tersebut, Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito meminta masyarakat melakukan melakukan upaya pencegahan penyebaran virus corona B.1.1.7 dengan mengurangi mobilitas yang tidak diperlukan.

“Kita harus proaktif melindungi diri seendiri serta orang-orang di sekitar kita dengan melakukan mobilitas yang tidak perlu, sehingga penularan dapat dicegah dengan baik dan mutasi pun bisa dicegah agar tidak terjadi,” ungkap Wiku dalam konferensi pers yang ditayangkan YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (4/3/2021).

Wiku menyebut, para peneliti dan pemerintah mash terus melakukan penelitian terhadap varian baru virus ini. “Peneliti di dunia termasuk di Indonesia terus melakukan penelitian soal Covid-19 dan mutasinya,” terangnya.

Lebih lanjut, mutasi atau munculnya varian baru virus, kata dia, merupakan hal lazim yang ditemui pada masa pandemi. Mengingat, banyaknya jumlah penularan di masyarakat membuat varian virus dapat terus bertambah selama pandemi berlangsung.

Baca Juga :  Temuan Kecurangan di CPNS 2021, Tes CAT Bakal Gunakan Linux

“Meski ada kemungkinan potensi munculnya varian ini kuat di masa mendatang apabila tidak diberi peluang untuk masuk ke dalam tubuh maka virus tersebut tidak akan membahayakan,” ujarnya.

Oleh karenanya, masyarakat dihimbau secara terus-menerus untuk mengurangi mobilitas serta menerapkan protokol kesehtan 3M yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Vaksinasi dan 3T juga perlu dilakukan.

“Tugas kita bersama-sama adalah memutus mata rantai penularan di komunitas dengan mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah kasus baru, melakukan 3T, testing, tracing, treatment sebagai pencegahan meluasnya penularan dan mengikuti vaksiasi untuk menumbuhkan imunitas secara spsifik di komunitas,” kata Wiku.

Adapun pemerintah juga telah mengatur mobilitas pelaku perjalanan luar negeri di Indonesia sedemikian rupa guna mencegah masuknya varian baru virus corona. Pengecekan suhu, tes PCR hingga karantina dirancang secara berlapis sebagai bentuk pengamanan.

Baca Juga :  Berlakukan PPKM Level 3, Kota Malang Tunggu Instruksi Pusat

“Mohon saat ini, kita lebih bijak dalam menyikapi adanya imported case dengan mengevaluasi dan kembali memaksimalkan mekanisme  perlindungan yang suudah ada,” kata Wiku.

Senada dengan pernyataan Wiku, Dante Saksono Harbuwono selaku Wakl Menteri Kesehatan juga mengungkapkan bahwa sudah ada dua kasus positif virus corona B.1.1.7. “Saya mendapatkan informasi bahwa dalam tepat satu tahun hari ini kita menemukan mutasi B.1.1.7 UK di Indonesia, ini fresh from the oven baru ditemukan dua kasus,” Kata Dante.

Ia menyebut, masuknya varian baru yang merupakan mutasi virus corona dari Inggris ini akan menjadi tantangan bagi masyarakat Indonesia.  “Untuk itu, dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang semakin berat ini, dibutuhkan riset dan model penanganan yang lebih baik,” ungkapnya.

 

 

 

Pewarta: Adinda
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait