Vaksinasi Tahap Pertama, Total 4000 Nakes di Kota Kediri | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Vaksinasi Tahap Pertama, Total 4000 Nakes di Kota Kediri
BERITA COVID-19 HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Vaksinasi Tahap Pertama, Total 4000 Nakes di Kota Kediri

SATUKANAL.com, KEDIRI – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kediri, mempersiapkan data sebayak 4000 Tenaga Kesehatan (Nakes) untuk mendapatkan vaksinasi tahap pertama di wilayah Kota Kediri.

Jumlah Nakes yang terdata diambil dari aplikasi Sistem Informasi Sumber Daya Manusia Kesehatan (SISDMK). Dari data tersebut, kemudian didapat nomor telepon masing-masing Nakes dan juga NIK mereka. Selain dari tenaga kesehatan (medis), vaksinasi tahap pertama juga melingkupi lingkungan tenaga kesehatan seperti administrasi, satpam, dan petugas kebersihan.

“Jadi prosedur awalnya, dari Dinas Kesehatan daerah mencatat semua tenaga kesehatan yang ada berdasarkan pelayanan kesehatannya. Misalnya di RSUD Gambiran, jumlah dokter, perawat, dan analis. Serta administrasi, satpam hingga cleaning service semuanya terdaftar. Data ini kemudian dikirim secara online ke pusat,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Kediri, dr Fauzan Adima, kepada Satukanal.com, Selasa (05/01/2021)

Baca Juga :  Pelaku Usaha, Siasati Lonjakan Harga Bahan Baku Kedelai

Lebih lanjut, Fauzan menyebutkan jumlah data yang masuk di Kementrian Kesehatan (Kemenkes), sebelumnya merupakan usulan dari Dinkes tingkat daerah. Sesuai dengan jadwal, vaksinasi Nakes akan dijadwalkan pada bulan Januari 2021, hingga April 2021 mendatang.

Dirinya juga mengungkapkan, data tenaga kesehatan dari Kemenkes tersebut, akan diambil berdasarkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) KTP, bukan diambil dari data kepegawaian. Sehingga, selain pegawai negeri, tenaga kontrak maupun honorer pun dapat distribusi dari vaksinasi Covid-19.

“Semuanya akan mendapat vaksin ini, hanya waktunya yang tidak bersamaan. Dijadwalkan pelaksanaan vaksin pada bulan Januari hingga April mendatang, namun kapan pastinya masih belum ada kejelasan,” ungkapnya.

Baca Juga :  Dampak Lingkungan Pembangunan Desa Wisata di Kabupaten Kediri

Dikatakan oleh Fauzan, Nakes yang mendapat vaksin juga tidak hanya bagi rumah sakit besar dan rujukan. Namun keseluruhan Nakes yang ada di puskesmas pembantu akan menjadi lokasi vaksinasi Covid-19.

Pemerintah Kota Kediri sudah menyiapkan sarana dan prasarana untuk vaksin ini. bahkan sejumlah tenaga kesehatan yang akan melakukan vaksin juga sudah mendapatkan pelatihan

“Kita sudah siap untuk pelaksanaan vaksin ini, hanya tinggal tunggu dropping saja,” tutupnya.

 

 

 

 

Pewarta : Anis Firmansah
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait