Vaksinasi Siap, Tak Sembarang Orang Dapat Divaksin "Punya Penyakit Bawaan Tak Boleh di Vaksin" | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Vaksinasi Siap, Tak Sembarang Orang Dapat Divaksin "Punya Penyakit Bawaan Tak Boleh di Vaksin"
BERITA COVID-19 HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Vaksinasi Siap, Tak Sembarang Orang Dapat Divaksin “Punya Penyakit Bawaan Tak Boleh di Vaksin”

SATUKANAL.com, NASIONAL – Program pemberian vaksin covid-19 akan diberikan
Kementerian Kesehatan (Kemenkes)akan diprioritaskan bagi tenaga kesehatan, yang merupakan garda terdepan penanganan pasien-pasien Covid-19. Setelah 1,2 juta dosis tiba awal Desember 2020, 1,8 juta dosis lain dari vaksin yang sama, Sinovac, juga telah tiba di Tanah Air melalui Bandara Soekarno-Hatta pada 31 Desember 2020. Namun tak sembarang orang dapat divaksin, berikut ulasannya :

1. Penyakit bawaan (Komorbid)
Penyakit bawaan atau Komorbid, seperti diabetes, hipertensi, gagal ginjal, dan seluruh penyakit bawaan lainnya tak boleh divaksin. Karena vaksinasi hanya diperuntukkan bagi orang yang sehat.

Baca Juga :  16 Golongan Orang Yang Tidak Dapat Divaksin Covid-19, Cek Daftarnya

2. Pernah terpapar Covid-19
Orang yang sudah pernah terpapar covid-19, telah terbentuk antibodinya sendiri. Sehingga kekebalan tubuh orang yang sudah pernah terpapar covid-19 menjadi lebih kuat.

3. Anak dibawah umur
Pemberian vaksinasi pada anak dibawah umur masih dalam tahap pengujian. Dilansir dari CNN, Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (Food and Drug Administration/FDA) menjelaskan vaksin virus corona (Covid-19) untuk anak di bawah 16 tahun saat ini sedang dipelajari. Komisioner FDA Stephen Hahn mengatakan, “Studi sedang direncanakan atau dalam proses sekarang”. Ujar Stephen.

Baca Juga :  5 Fakta Sejarah Tradisi Pohon Natal

Hal demikian dianjurkan karena setiap vaksin menimbulkan efek samping yang berbeda- beda. Karena dipengaruhi oleh kondisi tubuh si pasien.

 

 

 

Pewarta: Yuni Shafera
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait