Vaksinasi Lansia di Kabupaten Kediri, Menggunakan AstreZeneca - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Vaksinasi Lansia di Kabupaten Kediri, Menggunakan AstreZeneca
Kanal Straight

Vaksinasi Lansia di Kabupaten Kediri, Menggunakan AstreZeneca

Satukanal.com, KediriPemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri mulai melakukan vaksinasi sasaran Lanjut Usia (Lansia) menggunakan jenis vaksin AstreZeneca. Hal ini dilakukan secara serentak di 26 Kecamatan Kabupaten Kediri, Senin (29/3/2021).

Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Kesehatan kabupaten Kediri Bambang Triono Putro, mengatakan pelaksanaan vaksinasi ini ditujukan kepada Lansia dengan rentang usia 59 tahun keatas. Dengan target Lansia lebih dari 250 Ribu, data dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Kediri.

“Target lansia yg terdata lebih dari 250 Ribu data Dukcapil dan kami harapkan bisa diselesaikan pada tahap kedua ini,” kata Bambang, saat dikonfirmasi Satukanal.com, Senin 29 Maret 2021.

Baca Juga :  Bupati Kediri Ajak Warga, Awasi Kecurangan Seleksi Perangkat Desa

Dia juga menyebutkan, pelaksanaan vaksinasi lansia tentunya menggunakan ketersediaan vaksin yang didapatkan Pemkab Kediri. Secara terpisah, vaksinasi Lansia dilakukan kepada 5276 orang Lansia di Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri.

Kepala Puskesmas Kecamatan Pagu Dewi Kasanah Murtiningsih, mengungkapkan sebanyak 5.276 orang Lansia didapatkan dari 12 Desa yang ada di Kecamatan Pagu.

Yang nantinya akan dilakukan secara bertahap, di dua tempat Puskesmas Pagu dan Aura Syifa 2 Pagu. “Akan dibagi beberapa tahap. Kami dari Dinkes, dtugaskan melakukan imunisasi lansia ditahap satu,” ungkapnya.

Baca Juga :  BIN Jatim Gencarkan Serbuan Vaksinasi di Kediri

Untuk pelaksanaan vaksinasi lansia tahap pertama ini, pihaknya menargetkan waktu selama 8 hari kedepan. Dengan pembagian tempat, sebanyak 806 orang di Puskesmas dan 500 orang di AuraSyifa 2 Pagu.

Disebutkan, untuk vaksinasi sasaran Lansia ini, tidak ada perlakukan secara khusus yang diberikan. Masih sama halnya saat vaksinasi usia 59 tahun kebawah, hanya saja ada tambahan lebih berhati-hati pada saat tahapan skrining.

Lebih lanjut, pihaknya menuturkan pelaksanaan vaksinasi ini akan selesai sebelum bulan Ramadhan tiba. “Kami brusaha sebelum puasa kami sudah selesai,” tuturnya.

Pewarta : Anis Firmansah
Editor : Redaksi Satukanal

    Kanal Terkait