Vaksinasi Lansia di Jombang Masih Rendah, Ini Kata Bupati - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Vaksinasi Lansia di Jombang Masih Rendah, Ini Kata Bupati
Bupati Jombang saat diwawancarai awak media (Foto: Anggit Puji/ Satukanal.com)
BERITA Kanal Straight

Vaksinasi Lansia di Jombang Masih Rendah, Ini Kata Bupati

Satukanal.com, Jombang – Proses percepatan vaksinasi di Jombang terus bergulir, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) terus kejar target vaksinasi terlebih untuk para lansia (lanjut usia) yang tergolong masih rendah.

Hal tersebut disampaikan Bupati Jombang, Mundjidah Wahab ketika memantau langsung proses vaksinasi yang digelar oleh Polres Jombang tersebut. Menurut Mundjidah, pemerintah daerah bersama TNI, Polri serta ormas, rutin menggelar vaksinasi walaupun hari libur kerja.

“Alhamdulillah Jombang sudah masuk PPKM level 1, karena capaian vaksinasi dosis kesatu sudah mencapai 70 persen, kemudian dosis dua sudah mencapai 49 persen,” ucapnya pada Kamis (23/9/2021).

Lebih lanjut disebutkan bahwa capaian vaksinasi untuk kelompok lansia di Kabupaten Jombang baru mencapai 47,1 persen dari jumlah keseluruhan lansia yang menjadi sasaran mendapatkan suntikan vaksin Covid-19.

Wanita yang baru saja didapuk menjadi ketua DPW PPP Jatim ini menyebut salah satu faktor rendahnya capaian vaksinasi lansia hingga belum menjangkau target minimal 60 persen, karena banyak para lansia yang khawatir terhadap penyakit yang dideritanya atau komorbid.

Baca Juga :  Satpol PP Kota Batu Intensif Bubarkan Kerumunan

“Mereka itu belum paham kalau sebelum divaksin itu ada pemeriksaan. Mereka sudah lebih dulu khawatir terhadap penyakitnya. Jadi, nanti akan ada tracing serta diberikan pemahaman, baru setelah itu divaksin,” ujarnya.

Senada yang disampaikan bupati, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jombang, Budi Nugroho menyebut, memang vaksinasi lansia di Kota Santri masih belum mencapai target. Ia melanjutkan, sebelum bulan Oktober, pihaknya memasang target vaksinasi hingga 70 persen.

“Untuk lansia, masih 47,1 persen. Masih ada 13 persen yang dikejar untuk mencapai target 60 persen,” tandasnya.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, sebelumnya juga sempat menyinggung perihal vaksinasi kepada lansia ini. Ia mengatakan, seperti dikutip dari Biem.co, jumlah lansia di Indonesia terdapat 20-21 juta. Tetapi dari jumlah itu, baru 25 persen yang melaksanakan vaksinasi Covid-19.

Baca Juga :  4 Lokasi Wisata Mulai Dibuka, Wawali Batu: Masih terpantau sepi pengunjung

“Kesulitannya ada beberapa, pertama karena lansia merasa khawatir apakah aman divaksinasi atau tidak? Jadi saya minta tolong, mohon diyakinkan para lansia, orangtua kita, nenek-kakek agar aman divaksinasi,” tuturnya.

Budi pun mencontohkan Wapres Ma’ruf yang juga telah melaksanakan vaksinasi dan tetap aman serta sehat. Padahal, Wapres merupakan yang paling senior di kabinet saat ini. “Itu penting sekali (memberi keyakinan para lansia) karena banyak yang merasa tidak nyaman, takut kalau ada apa-apa,” ungkapnya.

Menurut Budi, saat ini jumlah lansia yang masuk ke rumah sakit dan wafat berada di atas 12 persen. Jumlah tersebut lebih besar dibandingkan orang yang bukan lansia,masuk ke rumah sakit dan wafat yang hanya mencapai 1,6 – 1,67 persen.

 

 

Pewarta : Anggit Puji
Editor : Adinda

Kanal Terkait