Vaksinasi Covid-19 Gratis Bagi Nakes Yang Belum Terdaftar, Begini Caranya | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Vaksinasi Covid-19 Gratis Bagi Nakes Yang Belum Terdaftar, Begini Caranya
BERITA COVID-19 HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Vaksinasi Covid-19 Gratis Bagi Nakes Yang Belum Terdaftar, Begini Caranya

SATUKANAL.com, NASIONAL Presiden Jokowi dalam sambutannya di akun Youtube Sekretariat Presiden (31/12/2020) menyatakan bahwa program vaksinasi covid-19 di Indonesia diharapkan dapat terlaksana pada pertengahan Januari 2021.

Jokowi menyebut program vaksinasi merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menghentikan pandmei covid-19. Setelah dikeluarkannya Emergency Use Authorization (EUA) oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) proses vaksinasi akan dilakukan.

Pada tahap awal, vaksin akan diberikan kepada petugas kesehatan dan pelayanan publik esensial. Pemberian vaksinasi ini diberikan sebanyak dua dosisi dengan selang waktu 14 hari.

Sejauh ini, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah mengirimkan SMS blast kepada penerima vaksin tahap pertama.

Baca Juga :  Polresta Mojokerto: Gelar Operasi Gabungan Lilin Semeru Jelang Nataru

Sedangkan bagi masyarakat yang ingin mengakses informasi penerima vaksin gartis melalui laman resmi Peduli Lindungi, pedulilindungi.id. Setelah masuk pada laman tersebut, untuk melihat status data dalam program vaksinasi covid-19 hanya diperlukan NIK KTP.

Menurut Siti Nadia Tarmizi selaku Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyatakan bahwa tenaga kesehatan yang belum masuk daftar dapat mengajukan untuk vaksinasi.

Ia mnyebut jika pengajuan program vaksinasi covid-19 secara gratis dapat dilakukan melalui alamat email [email protected].

Dalam pengajuannya, tenaga kesehatan yang belum tercantum NIK nya dapat mengirimkan data-data seperti:

  1. Nama
  2. NIK
  3. Alamat
  4. Nomor handphone
  5. Tipe tenaga kkesehatan
  6. Surat keterangan dari Kepala Fasyankes (Fasilitas Pelayanan Kesehatan) yang menerangkan bahwa tenaga kesehatan dari Fasyankes terkait.
Baca Juga :  Din Syamsuddin Dengan Cucu Pendiri Ponpes Gontor Rashda Diana Resmi Menikah

“Pengajuan vaksinasi Covid-19 masih dapat dilakukan hingga minggu depan. “Kalau data Dinkes ini tanggal 3 (Januari) timeline-nya. Kalau update masih sampai tanggal 7 Januari 2021. Dinas Kabupaten/Kota juga sudah mendata saat ini. Ini baru proses verifikasi data,” ujar Nadia menerangkan.

Selanjutnya, menurut Nadia setelah data terverifikasi akan ada notifikasi yang diberikan kepada yang bersangkuta. Secara singkat alur bagi nakes yang belum terdaftar yaitu mengajuka, verifikasi, notifikasi, proses pendaftaran.

 

 

Pewarta: Adinda
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait