Vaksinasi Covid-19 Drive Thru Malang Bakal Digelar April 2021 - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Vaksinasi Covid-19 Drive Thru Malang Bakal Digelar April 2021
Foto: Sekretariat Kabinet RI
STRAIGHT NEWS

Vaksinasi Covid-19 Drive Thru Malang Bakal Digelar April 2021

SATUKANAL.com, MALANG– Sebagai upaya percepatan penanganan Covid-19 di wilayah Kota Malang, program vaksinasi dengan menggunakan sistem drive thru bakal segera diberlakukan. Rencananya, layanan vaksinasi drive thru tersebut mulai dilaunching pada tanggal 1 April 2021 yang bertepatan pula dengan HUT Kota Malang ke-107.

“Vaksinasi drive thru ini merupakan keinginan pak wali untuk mempercepat vaksinasi Covid-19. Teknisnya nanti kita buat semacam analisa. Dan ini memang membantu ke dalam percepatan vaksinasi Covid-19,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, dr Husnul Muarif.

Sejumlah persiapan tampak dilakukan jelang pelaksanaan layanan vaksinasi Covid-19 drive thru tersebut. Salah satunya yakni terkait teknis pengaturan waktu saat pelaksanaan laayanan vaksinasi Covid-19 drive thru di Kota Malang.

Dr Husnul Muarif mengatakan, dengan adanya layanan vaksinasi drive thru nantinya akan mempermudah masyarakat dalam menjalani vaksinasi Covid-19. Untuk saat ini, pihaknya sedang melakukan koordinasi terkait skema administrasi pendaftaran vaksinasi drive thru yang disesuaikan dengan aturan jam.

Strategi tersebut, katanya, bakal dipakai guna menghindari adanya kerumunan dari masyarakat. “Ini sebagai strategi untuk menghindari kerumunan. Jadi di dalam administrasi pendaftarannya itu nanti sudah ada di sesi berapa dan jam berapa,” ungkapnya.

Baca Juga :  Wali Kota Malang Ungkap Tak Ada Bantuan Hukum untuk Pejabat Terjerat Narkoba

Dalam pelaksanaan vaksinasi drive thru di Kota Malang ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang menggandeng aplikasi Halodoc. Aplikasi tersebut akan membantu masyarakat Kota Malang yang ingin mendapatkan layanan suntik vaksin secara drive thru.

Melalui aplikasi Halodoc, warga Kota Malang bisa mendaftarkan diri. Hanya saja, Pemkot malang hingga kini masih menunggu kepastian data mengenai jumlah vaksin yang tersedia. Pemkot Malang juga sedang melakukan pendataan terhadap calon peserta vaksinasi untuk lansia.

Data tersebut akan diprioritaskan sesuai dengan jumlah vaksin yang dikirim ke Kota Malang. “Untuk lansia mungkin nanti yang mendaftarkan anaknya atau nanti keluarga yang lain. Mendaftarkan itu kan bisa. Dan kesiapannya masih menunggu kepastian vaksin yang dikirim,” imbuhnya.

Program layanan vaksinasi Covid-19 drive thru itu bakal ditempatkan di sejumlah titik di Kota Malang. Namun, untuk pelaksanaannya akan dibuka simulasi terlebih dahulu yaitu di Jalan Sultan Agung Kota Malang.

Baca Juga :  7.226 Lansia Kota Malang Terima Bantuan Pangan Dengan Skema Baru

Dari lokasi tersebut, akan dilihat tingkat efisiensi vaksinasi drive thru serta melihat beragam kendala untuk dijadikan bahan evaluasi. “Sementara untuk simulasi pertama itu di jalan Sulta Agung, sebelahnya Balaikota. Itu kan gak mengganggu arus lalu lintas ya. Jadi kami coba di sana,” terang Husnul.

Lebih lanjut, Husnul menambahkkan bahwa pihaknya akan melakukan konsultasi kembali kepada Wali Kota Malang terkait penerapan layanan vaksinasi drive thru tersebut. Ia yang sekaligus menjabat sebagai juru bicara tim Satgas Covid-19 Kota Malang itu juga sedang menunggu arahan selanjutnya dari Wali Kota Malang, Sutiaji.

“Nanti kita coba koordinasikan lagi, arahan dari pak wali seperti apa. Bagaimanapun juga drive thru itu adalah semua yang lewat dapat mengakses layanan ini, sehingga percepatan vaksinasi dapat dilakukan,” kata Husnul.

 

 

 

Pewarta: Adinda
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait