Vaksin Booster Berbayar Mulai 2022, Ini Harganya! - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Vaksin Booster Berbayar Mulai 2022, Ini Harganya!
Vaksinasi Covid-19 bagi remaja di Kediri (Foto: Anis Firmansah/ Satukanal.com)
BERITA Kanal Straight

Vaksin Booster Berbayar Mulai 2022, Ini Harganya!

Satukanal.com, Nasional – Pemerintah terus mematangkan rencana vaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau vaksin booster yang akan dimulai pada tahun 2022 mendatang.

Vaksin booster merupakan dosis vaksin tambahan yang bertujuan memberikan perlindungan ekstra terhadap penyakit karena efek dari beberapa vaksin yang dapat menurun seiring waktu.

Melalui Juru bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi mengatakan bahwa, rencananya dosis ketiga akan dimulai saat 50% sasaran vaksinasi telah mendapatkan suntikan lengkap.

Sementara, vaksinasi dosis ketiga nantinya akan dibagi menjadi dua skema yaitu berbayar dan gratis. Vaksin yang akan digunakan dalam vaksinasi booster nantinya ada 10 jenis yang sudah mendapatkan izin edar di Indonesia, serta vaksin merah putih yang kini tengah dikembangkan.

Baca Juga :  Jadi Korban Mafia Tanah, Kakanwil BPN DKI Jakarta Imbau Masyarakat Tak Beri Kuasa Pengurusan Tanah Pada Orang Lain

“Semua vaksin yang sudah dapat izin edar saat ini. Jadi ada sekitar 10 jenis dan nanti ditambah vaksin merah putih,” ungkap Nadia.

Selain itu, program vaksinasi dengan sistem berbayar diungkapkan oleh Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin dalam Rapat Kerja dengan Komisi IX DPR, pada Rabu (10/11/2021).

Diketahui, apabila capaian jumlah masyarakat yang menerima dosis kedua sudah di angka 50%, maka rencana tersebut akan direalisasikan. Budi Gunadi mengungkapkan, angka 50% tersebut direncanakan akan dicapai pada desember 2021.

“Pertama prioritasnya lansia dulu, karena berisiko tinggi,” jelas Budi.

Adapun booster vaksin akan diberikan secara gratis untuk Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS. “Kedua akan ditanggung oleh negara itu yang PBI, jadi mohon maaf bapak dan ibu anggota DPR yang memang penghasilan cukup nanti kita minta bayar sendiri,” ungkapnya.

Baca Juga :  Fitur "Add Yours" Instagram, Kominfo Ingatkan Potensi Pencurian Data Pribadi

Sebagai informasi, melansir laman Vaccine Market Dashboard dari laman resmi Unicef, berikut ini harga vaksin booster Covid-19 di Indonesia mulai dari Astrazeneca, Sinovac, hingga Pfizer.

  • Vaksin Sinovac = harga Rp 142.000 hingga Rp 255.000
  • Vaksin Astrazeneca = harga Rp 310.000 hingga Rp 567.000
  • Vaksin Moderna = harga Rp 142.000 hingga Rp 527.000
  • Vaksin Sinopharm = estimasi harga Rp 321.660
  • Vaksin Merah putih = estimasi harga Rp 71.000
  • Vaksin Pfizer = harga Rp 96.000 hingga Rp 329.000

 

 

Editor : Naviska

Kanal Terkait