Vaksin Anak Sekolah di Kediri Mulai Digencarkan - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Vaksin Anak Sekolah di Kediri Mulai Digencarkan
Vaksinasi Covid-19 bagi remaja di Kediri (Foto: Anis Firmansah/ Satukanal.com)
BERITA Kanal Straight

Vaksin Anak Sekolah di Kediri Mulai Digencarkan

Satukanal.com, Kediri – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri mulai menggelar vaksinasi Covid-19 bagi remaja berusia diatas 12 tahun. Kegiatan ini akan dilakukan secara bertahap di setiap sekolah yang ada di wilayah Kabupaten Kediri.

Seperti yang dilakukan di SMPN 1 Ngasem, sebanyak 1045 siswa menjadi target sasaran vaksinasi. Karena jumlahnya yang begitu banyak, maka dibagi menjadi 2 sesi hari ini, Selasa (7/9/2021) dan Rabu (8/9/2021) oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri, melalui Puskesmas Kecamatan Ngasem.

“Kita menindaklanjuti koordinasi dengan sekolah SMPN 1 Ngasem, Alhamdulillah kita mendapatkan sasaran yang belum divaksin ada 1045,” ungkap Kepala Puskesmas Ngasem Rini Hidayat, kepada satukanal.com, Selasa (7/9/2021) pagi.

Baca Juga :  Pemkab Blitar Salurkan BLT-DD Bantu Warga Terdampak Pandemi

Dia juga menyampaikan kriteria pelaksanaan vaksinasi ini tidak jauh berbeda dengan vaksinasi pada masyarakat pada umumnya. Hanya saja, kali ini dikhususkan bagi remaja berusia di atas 12 tahun.

Kemudian dilanjutkan pertanyaan-pertanyaan saat screening sebelum dilakukan vaksinasi remaja tersebut. Disebutkan oleh Rini, vaksinasi kali ini menggunakan jenis Sinovac yang dinilainya lebih aman bagi para remaja ini

“Minimal usianya 12 tahun. Jenis vaksinnya Sinovac, ya lebih aman. Dari Dinkes itu, maka kita ikuti,” ujarnya.

Lebih lanjut, dia menyampaikan vaksinasi ini akan dilakukan bertahap 2 kali dosis vaksin, bagi seluruh siswa SMPN 1 Ngasem. Dengan interval waktu pemberian dosis vaksin selama 2 Minggu.

Baca Juga :  Hari Koperasi Nasional ke-74, Pemkab Mojokerto Sebut Pentingnya Peran Generasi Muda

Sejauh ini menurut Rini, pelaksanaan vaksinasi bagi remaja usia diatas 12 tahun belum menemui kendala apapun. “Lancar, Alhamdulillah dibantu juga oleh para guru-gurunya juga,” tukasnya.

Diketahui sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan dr Ahmad Chotib, menuturkan vaksinasi bagi remaja diatas 12 tahun dilaksanakan di dua tempat pada hari ini, Selasa (7/9). Yakni vaksinasi di SMPN 1 Ngasem dan SMPN 2 Pare.

Dengan jumlah sasaran vaksinasi sebanyak 500 siswa di SMPN 1 Ngasem, dan 806 siswa di SMPN 2 Pare. “Besok, Selasa (7/9/2021) vaksinasi di SMPN 1 Ngasem dan SMPN 2 Pare,” tutup Chotib.

 

Pewarta: Anis Firmansyah 
Editor: Ubaidhillah

Kanal Terkait