UTBK-SBMPTN, Peserta Demam Dilarang Ikut Ujian - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
UTBK-SBMPTN, Peserta Demam Dilarang Ikut Ujian
BERITA Kanal Highlight

UTBK-SBMPTN, Peserta Demam Dilarang Ikut Ujian

Satukanal.com, Nasional – Peserta demam dilarang ikut Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN) gelombang 1 dimulai hari ini, Senin (12/4/2021).

Saat akan memasuki ruangan tes semua peserta akan dicek kondisi kesehatannya, termasuk suhu badan harus normal (tidak demam). Pernyataan tersebut diungkapkan Ketua Pelaksana Eksekutif Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Budi Prasetyo Widyobroto.

Sejak peserta melakukan print kartu ujian, disebutkan bahwa peserta harus dalam sehat. Apabila peserta UTBK ditemui sedang pada kondisi tidak sehat, yang bersangkutan tidak diizinkan mengikuti ujian.

Aturan tersebut diterapkan guna mengantisipasi tingkat penularan Covid-19 saat UTBK SBMPTN tengah berlangsung. Beberapa pusat UTBK, seperti UI dan IPB, peserta diwajibkan menyertakan surat pemeriksaan swab antigen yang menunjukkan hasil negatif.

Baca Juga :  Aturan Penyembelihan Hewan Kurban Saat Pandemi Covid-19

Terkait dengan informasi persyaratan khusus seperti pemeriksaan swab antigen, LTMPT mengatakan harus diperhatikan peserta UTBK dengan menanyakan perihal tersebut ke masing-masing pusat UTBK.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nizam menjelaskan peserta yang demam bakal dijadwalkan untuk mengikuti UTBK pada hari-hari selanjutnya.

“Tidak demam boleh tes. Yang demam dipersilakan pulang, nanti boleh ikut di hari berikutnya,” tuturnya.

Ia menegaskan pelaksanaan UTBK bakal dilakukan dengan protokol kesehatan. Di antaranya pengantar peserta tidak boleh menunggu di tempat tes, harus melalui pemeriksaan suhu, dan menjaga jarak di ruang ujian.

Sementara itu, pada UTBK SBMPTN gelombang 1 yang digelar pada 12-18 April 2021, diikuti sebanyak 475.518 peserta. Sesi pagi akan diikuti 38.453 peserta dan sesi siang sebanyak 30.795 peserta.

Baca Juga :  Mayoritas Mata Uang Kripto Kompak Menghijau

Selain itu, LMTPT menyebutkan 4 langkah yang harus dilakukan oleh peserta ujian begitu tiba di pusat UTBK, yakni :

  1. Segera menuju ke gedung atau ruang lokasi ujian. Pusat UTBK PTN menyediakan ruang transit atau ruang tunggu untuk peserta UTBK.
  2. Apabila diantar, pastikan turun di area drop zone terdekat dengan gedung atau ruang lokasi ujian.
  3. Ikuti prosedur pemeriksaan kesehatan pencegahan Covid-19 yang dilakukan panitia pusat UTBK PTN. Mulai dari memakai masker, mencuci tangan, hingga menjaga jarak.
  4. Menuju ruang ujian dengan tertib dan tetap menjaga protokol kesehatan Covid-19. Jangan masuk ruang ujian jika belum diinstruksikan oleh pengawas ruang.

 

 

 

 

Pewarta : Naviska
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait