Usai Rapat Koordinasi, Kota Madiun Siap Gelar Pembelajaran Secara Tatap Muka | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Usai Rapat Koordinasi, Kota Madiun Siap Gelar Pembelajaran Secara Tatap Muka
Rapat Koordinasi Pembelajaran Secara Tatap Muka
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Usai Rapat Koordinasi, Kota Madiun Siap Gelar Pembelajaran Secara Tatap Muka

SATUKANAL.com, MADIUN – Rapat Koordinasi yang usai dilakukan membahas terkait Pembelajaran secara tatap muka atau Pembelajaran Langsung. Pembelajaran secara tatap muka akan berlaku bagi siswa Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Madiun. Uji coba ini dilakukan oleh pihak Pemerintah Kota Madiun, Pelaksanaan Uji Coba akan dilangsungkan pada minggu pertama bulan November 2020. Hal tersebut diungkapkan Walikota Madiun H. Maidi seusai memimpin rapat koordinasi persiapan siswa masuk sekolah pada Senin (26/10/2020).

Wali Kota Madiun H. Maidi menjelaskan bahwa, pada uji coba pembelajaran tatap muka tersebut akan terus dilakukan pemantauan. Pemantauan ini dilakukan dengan melihat perkembangan dari kasus Covid-19 yang ada di Kota Madiun. Ia mengatakan, presentase siswa yang dapat masuk sekolah dan melakukan pembelajaran tatap muka hanya 50 persen dari jumlah total siswa dari kelas 9 dan kelas 6. Pembatasan siswa yang dapat melakukan pembelajaran secara tatap muka dilakukan agar terciptanya suasana kelas kondusif dan menimalisir adanya kerumunan.

Baca Juga :  24 Sasaran Terpilih Pada TMMD ke-112, Bupati Malang & TNI Tinjau Kesiapan di Kegiatan RAKOR

“Kalau ada ledakan kasus di sekolah itu, maka kita off kan disitu. Jadi dengan kondisi ini kita terus melangkah asalkan tetap aman dan covid harus kita rem dengan disiplin, dengan menerapkan protokol kesehatan,” jelas Wali Kota Madiun usai pimpin rapat koordinasi persiapan siswa masuk sekolah di Aula Dinas Pendidikan Kota Madiun, Senin (26/10/2020).

Pelaksanaan uji coba ini juga harus menerapkan protokol kesehatan yakni dengan 3M, memakai masker, mencuci tangan dan menghindari kerumunan. Wali Kota Madiun juga menjelaskan bahwa, pihak tenaga pendidik dan siswa yang nantinya akan melakukan pembelajaran secara tatap muka, ada kemungkinan untuk dilakukannya Rapid Test terlebih dahulu agar terciptanya rasa aman dan tenang selama pembelajaran berlangsung.

Pembelajaran secara tatap muka yang dilangsungkan selama masa pandemi ini didasarkan pada kondisi Covid-19 di Kota Madiun yang sudah mengalami penurunan. Pihak wali murid sendiri juga mendorong agar pembelajaran secara tatap muka segera dapat dilangsungkan, hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Madiun, Heri Wasana.

Baca Juga :  24 Sasaran Terpilih Pada TMMD ke-112, Bupati Malang & TNI Tinjau Kesiapan di Kegiatan RAKOR

“Kita mencoba uji coba dulu Dari kuisioner yang kita sebar lebih dari 75 persen orang tua menghendaki anak-anak masuk. Dari jumlah orang tua, sebanyak 85 persen mengisi dan memang 75 persen ingin anak-anaknya masuk, Artinya kuisioner sudah memenuhi,” akunya.

Kesiapan sekolah yang akan melangsungkan pembelajaran secara tatap muka juga sudah dilakukan. Kesiapan tersebut dibuktikan dengan tenaga pendidik atau guru dan siswa yang akan melangsungkan Rapid Test. Pihak sekolah juga telah mempersiapkan fasilitas-fasilitas yang berguna untuk penunjang standart pelaksanaan pembelajaran tatap muka sesuai dengan protokol Covid-19 yakni 3M.

 

Pewarta : Naviska Rahmadani
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait