SATUKANAL.COM
BERITA STRAIGHT NEWS

Usai Aksi Solidaritas Tutup Jalan, Polisi Lepas 3 Sopir Truk dari Jerat Pasal Minerba

SATUKANAL, KEDIRI – Ratusan sopir truk yang memblokade Jalan Sukarno – Hatta (Soeta), Katang akhirnya membubarkan diri setelah salah satu anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kediri menjadi jaminan atas dibebaskannya truk dan 3 sopir yang sempat ditahan di Mapolres Kediri.

Tubagus Fitra Jaya salah satu korlap aksi menyatakan bahwa Ketua DPRD Kabupaten Kediri Dodi Purwanto memberikan jaminan dan melakukan negosiasi dengan Kapolres Kediri AKBP Lukman Cahyono.

“Tuntutan hari ini, teman kita yang terkena masalah sudah dibebaskan, tanpa masalah tanpa biaya. Alhamdulillah sudah direspon kapolres. Ini tadi pak Ketua Dewan sudah mengakomodasi semuanya, dan beliau sebagai jaminannya,” kata Bagus saat dikonfirmasi.

Kebebasan tersebut menurut Bagus, adalah kebebasan mutlak dari jerat Undang-Undang Minerba yang menjerat 3 sopir truk tersebut. “Truknya lepas dan tidak ada proses hukum lebih lanjut,” ungkapnya.

Menurut Bagus, ketiga sopir truk pasir tambang itu diamankan sejak Kamis lalu. Sebelumnya ada 5 unit yang diamankan, namun 2 unit sebelumnya telah dikeluarkan polisi tanpa diketahui sebabnya. “Sebabnya apa dikeluarkan kita tidak tahu, padahal yang tiga masih di sana,” katanya.

Sementara itu, mengenai payung hukum, para penambang pasir masih belum mendapatkan jawaban pasti dari dewan.

“Jadi kalau masalah yang menyangkut payung hukum dan lainnya itu memang butuh proses, dan proses itu nanti sampai sejauh mana akan kita kawal,” katanya.

Ke depan, lanjut Tubagus, meskipun belum ada kesepakatan terkait payung hukum, para penambang pasir akan tetap melakukan kegiatan penambangan seperti hari-hari biasa.

“Penambangan tetap dilakukan teman-teman, terkait payung hukum akan kita kaji lebih lanjut. Kita sudah diskusi dengan dewan dan sebagainya masalah izin sudah kita diskusikan juga,” ucapnya.

“Kita tetap diperbolehkan oleh dewan untuk menambang dan sebagainya, karena ini menyangkut hidup orang banyak,” tutupnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, ratusan sopir truk melakukan aksi demonstrasi menutup jalan di sekitar gedung DPRD Kabupaten Kediri. Mereka menggelar aksi solidaritas atas 3 rekannya yang ditahan oleh kepolisian setempat dan dikenai pasal Undang-Undang Minerba.

Pewarta: Muchlis Ubaidhillah

Redaktur: N Ratri

    Kanal Terkait