Urai Kemacetan, Dishub Malang Rencanakan Rekayasa Lalin Dua Wilayah ini - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
BERITA

Urai Kemacetan, Dishub Malang Rencanakan Rekayasa Lalin Dua Wilayah ini

Satuchannel.com, Kota Malang – Jelang datangnya Hari Raya Idul Fitri, untuk mengatisipasi kemacetan, Dinas Perhubungan Kota Malang berencana memberlakukan rekayasa lalu lintas di sejumlah titik. Adapun untuk daerah yang direkayasa itu ada di Jalan Ki Ageng Gribig dan daerah Sawojajar.

Hal itu disampaikan lansung oleh Kepala Dinas Perhubungan Kota Malang, Kusnadi seusai rapat forum lalu lintas jalan dilaksanakan. Ia menyampaikan bila rekayasa jalan tersebut dilakukan dengan tujuan di jembatan yang berada kawasan Jalan Wonograti tidak macet. Kusnadi juga mengatakan bila rencana itu akan segera dilaksanakan setelah forum lalin kedua digelar.

“Kami akan eksekusi, segera kami akan eksekusi, di rapat kedua nanti kita akan bicarakan untuk jadwal eksekusinya,” ungkap Kusnadi.

Kusnadi juga sempat menjelaskan tentang model rekayasa lalin yang akan dilakukan. Menurutnya, jalan raya yang berada di kawasan Ki Ageng Gribik yang saat ini terdapat 2 jalan akan dietapkan menjadi 1 jalur.

Selain dari pihak Dinas Perhubungam, turut hadir pula pada kesempatan itu pihak pakar dari Universitas Brawijaya, Hendi Bowoputro ST MT. Ia menjelaskan bila di daerah tersebut banyak simpang kaki yang tak terkendalikan, hal itulah yang coba akan dikendalaikan oleh pemerintah dengan cara memberikan lampu lintas sehingga jalur utama dapat lancar.

“Tujuan dari rekayasa lalin ini untuk melancarkan jalan mayor dulu,” tutur Kepala Lab Transportasi dan Penginderaan jauh FT UN ini.

Ia juga mengatakan bila rencana akan dibangun sebanyak 3 lampu lalu lintas di sana, dan saat ini sudah pada tahap pembangunan. Bowo juga memaparkan jalan-jalan yang renana akan diberi lampu, yaitu di Jalan Dirgantara, Dekat pom bensin Jalan Danau Toba dan di sebelah Supermarket Hero.

Bowo juga menekankan, bila maksud dari pemberian lampu lalu lintas dan rekayasa lalu lintas agar supaya simapang-simpanh jalan di sana dapat lancar, namun demkian itu juga tergantung dari kesadaran masyarakat sendiri agar mau tertib dan teratur dalam menggunakan jalan raya. (Iqb)

Kanal Terkait